comscore

Kiai Syaikhona Kholil Bangkalan Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Antara - 08 Mei 2022 05:39 WIB
Kiai Syaikhona Kholil Bangkalan Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu melakukan ziarah makam Syaikhona Kholil. Foto: Branda Antara
Jakarta: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusulkan Kiai Syaikhona Kholil Bangkalan mendapatkan gelar pahlawan nasional. Ia dinilai berjasa dalam pengembangan Islam di Tanah Air.

"Syaikhona Kholil sengaja pulang ke Indonesia dari Makkah untuk mengajarkan agama kepada para ulama, para tokoh yang menyemangati pejuang Indonesia kala itu," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam keterangannya, Minggu, 8 Mei 2022.
Syaikhu mengatakan Syaikhona Kholil sangat layak dinobatkan menjadi pahlawan nasional. Syaikhona Kholil merupakan guru dari dua ulama terbesar Indonesia yang melahirkan ormas Islam terbesar, KH Hasyim Asyari (Nahdhatul Ulama) dan KH Ahmad Dahlan (Muhammadiyah).

Baca: Prabowo Diprediksi Hadapi Tantangan Oligarki di Pilpres 2024

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan menyampaikan jajarannya juga sudah mengusulkan hal sama melalui anggota DPRD. Usulan diteruskan ke Fraksi PKS di DPR. "Uuntuk terus diperjuangkan di tingkat nasional," ucap Irwan.

Dia mengatakan kedatangan Syaikhu ke Madura dan berziarah ke makam Syaikhona Kholil mempertegas sikap PKS untuk memperjuangkan Syaikhona Kholil agar dikukuhkan sebagai pahlawan nasional.

"Akan terus kami perjuangkan, beliau adalah guru dari para guru dan tokoh bangsa ini. Beliau guru para kiai yang menjadi spirit perjuangan melawan penjajah merebut kemerdekaan Indonesia," ujar Irwan.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id