comscore

Legislator: Pro Kontra Legalisasi Ganja Harus Disikapi Hati-hati

Sri Utami - 29 Juni 2022 12:23 WIB
Legislator: Pro Kontra Legalisasi Ganja Harus Disikapi Hati-hati
Ilustrasi ganja. Istimewa.
Jakarta: Pemerintah dan DPR diminta berhati-hati dalam menyikapi pro kontra legalisasi ganja medis. Kehati-hatian dalam mengkaji legalisasi ganja mutlak diperlukan.

Anggota Komisi IX Rahmad Handoyo mengingatkan izin penggunaan ganja untuk medis bukan sikap latah mengikuti trend dunia. Legalisasi ganja untuk medis harus berdasarkan kajian yang komprehensif dan cermat.
"Kita harus berhati-hati menyikapi wacana ini, bukan latah. Artinya, sebelum ganja medis dilegalkan terlebih dahulu dilakukan kajian komprehensif yang melibatkan segala unsur terkait, khususnya para medis, psikolog," kata Rahmad di Jakarta, Rabu, 29 Juni 2022.

Menurut dia, setelah ada kajian yang menyatakan ganja aman untuk kepentingan medis maka pemerintah harus melakukan pengawasan yang sangat ketat. Pengawasan penting agar ganja tidak disalahgunakan.

"Tentu saja ganja hanya digunakan untuk pengobatan. Di luar kepentingan medis, misalnya penyalahgunaan ganja, penanaman ganja, tetap dilarang. Karena kalau ganja medis diizinkan, aturan tersebut harus diikuti pengawasan yang ketat," kata dia.
 

Baca: Setelah Komisi III, Komisi IX Ikut Menindaklanjuti Aspirasi Ganja Medis


Dia juga meminta pengawasan yang lebih luas, jangan sampai setelah penggunaan ganja medis dilegalkan penanaman dan penjualan ganja jadi semakin marak. Seperti yang terjadi di banyak negara saat ini.

"Ganja nilai ekonominya tinggi, bisa jadi banyak orang yang mendadak jadi petani ganja. Tidak ada lagi petani yang nyawah, tidak ada yang menanam sayuran, dan buah-buahan," katanya.

Mengakhiri keteranganya, Rahmad mengingatkan rilis terbaru United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) yang melaporkan akibat konsumsi ganja di dunia yang meningkat, yakni semakin banyak orang yang memiliki gangguan mental, depresi, hingga bunuh diri.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id