comscore

Pimpinan Komisi I Diharapkan Segera Menjadwalkan Pembahasan RUU PDP

Anggi Tondi Martaon - 23 Maret 2022 21:00 WIB
Pimpinan Komisi I Diharapkan Segera Menjadwalkan Pembahasan RUU PDP
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Pimpinan Komisi I DPR diharapkan segera menyusun jadwal pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP). Jika perlu, RUU PDP dibahas pada Masa Sidang ke-IV 2021-2022. 

"Kita, lebih cepat lebih baik," kata anggota Komisi I DPR Nurul Arifin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 23 Maret 2022.
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar itu menyampaikan wacana pembahasan RUU PDP masih di internal pimpinan Komisi I. Informasi tersebut belum disampaikan ke anggota Komisi I atau panitia kerja (panja) RUU PDP.

"Menunggu dari pimpinan, kita belum tahu juga kapan mau dimulai dibahas lagi," ungkap dia.

Dia berharap pimpinan Komisi I segera menyusun jadwal pembahasan RUU PDP. Pasalnya, bakal beleid tersebut dibutuhkan di tengah masifnya penyalahgunaan data pribadi masyarakat yang dilakukan pihak dalam atau luar negeri.

"Kalau kita berharap cepat selesai karena terkait dengan lintas negara tersebut," ujar dia.

Baca: Pimpinan DPR Tagih Perkembangan Pembahasan RUU PDP

Progres RUU PDP masih jalan di tempat. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sejatinya berkomitmen menyelesaikan pembahasan RUU PDP secepatnya. Kementerian yang dipimpin Johnny G Platte itu menunggu undangan pembahasan dari Panitia Kerja (Panja) Komisi I.
 
"Terus terang kita memberikan dukungan ini (RUU PDP) diselesaikan. Sekali lagi secara teknis saya tunggu kapan undangannya Panja untuk kita lakukan," kata Menkominfo Johnny G Platte dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 22 Maret 2022.
 
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem itu menyampaikan pihaknya menghormati proses pembentukan peraturan perundang-undangan. Berbagai proses penyusunan RUU PDP dilakukan dalam rapat pembahasan.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id