comscore

Pemerintah Bangun Tanggul Atasi Banjir Rob di Belawan

Antara - 07 Juli 2022 21:09 WIB
Pemerintah Bangun Tanggul Atasi Banjir Rob di Belawan
Presiden Jokowi sedang berbincang -bincang saat meninjau kawasan Belawan, Medan, Kamis (7/7/2022). (Branda ANTARA/Diskominfo Sumut)
Medan: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerangkan  pemerintah pusat akan membangun tanggul untuk mengatasi banjir rob yang kerap terjadi di kawasan Belawan, Medan, Sumatra Utara. Saat ini proyek tanggul itu dalam proses lelang.

"Selesai lelang langsung dijalankan karena banjir rob di sini sudah puluhan tahun dan tidak ditangani," ujar Jokowi di Belawan, Kamis, 7 Juli 2022.
Kunjungan ke Belawan merupakan kegiatan terakhir kunjungan kerja Presiden di Sumut. Presiden menyerahkan tiga unit rumah yang telah selesai direnovasi melalui Program Bedah Rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Lorong IV Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Program Bedah Rumah itu dalam rangka puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 tahun 2022. Rumah itu  menerapkan teknologi Rumah Sistem Panel Instan (RUSPIN).

RUSPIN yakni pembangunan rumah dengan sistem modular, yang membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil (modul) dengan ukuran yang efisien agar dapat dirakit menjadi sejumlah besar produk yang berbeda-beda.

Penyerahan rumah ini langsung dilakukan Presiden kepada tiga warga, yaitu Madinah, 45, sebagai orang tua tunggal yang memiliki tiga orang anak. Kemudian Misnah, 58, orang tua tunggal dengan dua orang anak, dan Menen, 39, dengan dua orang anak.
 

Baca: Permukiman Warga Meulaboh Aceh Barat Terendam Banjir Rob


Sebelumnya Presiden Jokowi bersama Gubernur Edy Rahmyadi telah meninjau infrastruktur di Kepulauan Nias, serta menghadiri Puncak Peringatan Harganas ke-29 di Kota Medan. Kemudian melakukan peletakan batu pertama penataan kawasan Lapangan Merdeka Medan, kunjungan ke Pasar Petisah Medan, dan meninjau teknologi pembuatan minyak goreng merah di PPKS Medan.

Jokowi mengatakan pemerintah pusat dan daerah akan menata kawasan rumah kumuh dan tidak layak huni. Di Belawan, misalnya, telah mulai dikerjakan oleh Pemerintah Kota Medan. Kemudian pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR akan mengerjakan penataan kawasan.

"Jadi air bersihnya, sanitasinya, jalan kampungnya, semuanya akan ditata biar lebih baik dan masyarakatnya sehat," kata Kepala Negara.

Presiden menegaskan bahwa proyek penataan Kampung Belawan Bahari tersebut dapat membantu upaya untuk mengentaskan warga dari kemiskinan ekstrem yang ada di wilayah tersebut. "Pembangun tanggul untuk mengantisipasi dan mengatasi banjir rob yang kerap terjadi di kawasan tersebut dipastikan akan sangat membantu kehidupan masyarakat," ungkap Presiden.


(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id