Berita Menarik Nasional Sepekan

    DBD di Tengah Heboh Korona

    Medcom - 07 Maret 2020 17:48 WIB
    DBD di Tengah Heboh Korona
    Ilustrasi/Antara/Anis Efizudin
    Jakarta: Virus korona (covid-19) masih menjadi 'primadona' pemberitaan di Indonesia. Indonesia dipastikan memiliki 4 kasus korona. 

    Kondisi keempat pasien positif korona dinyatakan membaik. Sedangkan 11 pasien suspect korona terus di monitor.

    Di tengah heboh korona, masyarakat nyaris abai dengan munculnya penyakit demam berdarah (DBD). Kasus DBD mencapai 14.716. Sedangkan angka kematian hingga Maret 2020 tercatat 94 orang.

    Isu lain yang juga menjadi perhatian ialah RUU Cipta Kerja. Sama dengan korona, isu ini meramaikan pemberitaan dari pekan ke pekan.

    Di sisi lain, PD Pasar Jaya menjadi sorotan. Pusat perdagangan milik Pemprov DKI itu justru memancing di air keruh. PD Pasar Jaya dianggap menimbun masker dan menjualnya dengan harga tak wajar, Rp125 ribbu  per pak.

    Pekan ini juga masih dihebohkan dengan berita Formula E. Tak jauh-jauh dari korona, tahapan menuju gelaran balap kendaraan listrik itu terimbas.  Penggarapan lintasan siskuit kemungkinan besar ditunda.

    Berikut lima berita menarik nasional sepekan:

    1. 4 Kasus Korona di Indonesia

    Juru bicara penaganan virus korona Achmad Yurianto memastikan kondisi empat pasien positif korona semakin baik. Pasien kasus 1 dan 2 tinggal menjalani dua tes.
     
    "Kalau sudah dua kali negatif pasti akan dipulangkan, tidak ada lagi keluhan," ujar Yurianto di Istana Negara, Jakarta Pusat, Sabtu, 7 Maret 2020.

    Selengkapnya baca di sini 

    2. DBD Kalah Pamor

    DBD di Tengah Heboh Korona
    Petugas melakukan fogging dalam upaya pemberantasan sarang nyamuk DBD/MI/Sumaryanto

    Wakil Ketua Komisi IX DPR, Nihayatul Wafiroh, meminta pemerintah tidak cuma fokus pada permasalahan virus covid-19. Masalah demam berdarah dengue (DBD) di Nusa Tenggara Timur (NTT) dinilai lebih urgen.
     
    “Ini sebenarnya yang harus kita waspadai. Di NTT sudah ada 25 warga meninggal, ada 2.000 sekian yang terjangkit, ini sebenarnya satu sisi ironi sekali,” kata Ninik di Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020.

    Selengkapnya cek di sini

    3. RUU Cipta Kerja 

    Presiden Joko Widodo kembali membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Ciptaker) bersama pimpinan partai politik. Salah satunya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
     
    "Seluruh (pimpinan) partai koalisi pemerintah ada. Kita membahas mengenai jadwal terkait itu (pengesahan RUU)," kata Airlangga usai rapat di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Maret 2020.

    Selengkapnya baca di sini

    4. Menimbun Masker

    Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai penjualan masker dengan harga tinggi oleh PD Pasar Jaya bentuk penimbunan. YLKI menyarankan ada tata ulang niaga masker.
     
    "Kalau dia tidak menjual langsung dalam arti sengaja menyimpan," ujar Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi saat dihubungi, Kamis, 5 Maret 2020.

    Selengkapnya baca di sini

    5. Molornya Pengaspalan Lintasan Formula E

    Penyebaran virus covid-19 berdampak pada ajang balap mobil listrik Formula E. Penggarapan lintasan sirkuit kemungkinan besar ditunda.
     
    "Menunggu situasi karena ada korona. Kita tunggu perkembangan," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Nugroho saat dihubungi, Jumat, 7 Maret 2020.

    Selengkapnya di sini.



    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id