Sikap Partai Menolak Pansus Jiwasraya Dipertanyakan

    Whisnu Mardiansyah - 20 Januari 2020 12:13 WIB
    Sikap Partai Menolak Pansus Jiwasraya Dipertanyakan
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa heran dengan sikap pimpinan partai menolak dibentuknya panitia khusus (pansus) kasus gagal bayar PT Jiwasraya Persero. Sikap tersebut patut dipertanyakan.

    "Inilah yang jadi soal, pertanyaan adalah kepada pimpinan partai. Kalau saya jadi pimpinan Gerindra ya kalau memang partai-partai lain sepakat untuk bikin pansus, ya pertanyaan kalian (Jiwasraya) harusnya jadi pansus," kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 20 Januari 2020.

    Desmond enggan berspekulasi terkait sikap fraksi yang berubah setelah pertemuan Presiden Joko Widodo dengan pimpinan parpol koalisi di Istana Negara, Selasa 14 Januari 2020. Ia menunggu perkembangan selanjutnya. 

    "Ini saya enggak paham, kalau itu saya tidak terlalu paham. Kita lihat saja perkembangannya," ujarnya.

    DPR batal membentuk panitia khusus (pansus) PT Asuransi Jiwasraya (Jiwasraya), dan PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI). Komisi terkait akan membentuk panitia kerja (panja).

    Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan Komisi VI membentuk panja pengawasan BUMN dan supervisi kinerja Jiwasraya dan ASABRI. Sedangkan Komisi XI melakukan pengawasan dan supervisi terkait keuangan.

    "Kita minta buat panja. Komisi III untuk mengawasi dan supervisi hal-hal yang telah dilakukan oleh Kejaksaan Agung kemarin," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.

    Menurut Dasco, panja lebih efektif mengusut kasus Jiwasraya dan ASABRI ketimbang pansus. Sebab, pembentukan panja lebih cepat.

    Sejauh ini, baru Komisi VI DPR yang sepakat membentuk panja Jiwasraya. Sementara Komisi III masih menunggu hasil rapat dengar pendapat dengan Jaksa Agung hari ini, untuk selanjutnya menentukan sikap politik terkait Jiwasraya. Sedangkan Komisi XI belum bulat membentuk panja.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id