PDIP Klaim Gerindra Setuju Amendemen UUD 1945

    Arga sumantri - 13 Agustus 2019 17:09 WIB
    PDIP Klaim Gerindra Setuju Amendemen UUD 1945
    Wakil Ketua MPR dari PDI Perjuangan Ahmad Basarah - MI/Rpmmy Pujianto.
    Jakarta: Wakil Ketua MPR dari PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengklaim wacana amendemen terbatas UUD 1945 disetujui semua fraksi. Termasuk, Partai Gerindra. 

    "Gerindra sebagai partai politik yang punya perwakilan itu secara politik dan kelembagaan sudah ikut menyetujui amendemen terbatas itu," klaim Basarah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019. 

    Basarah menyebut 10 fraksi di MPR periode 2014-2019 menyetujui amendemen terbatas untuk menghadirkan kembali Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). Dia menyebut yang masih menjadi pembahasan yakni eksistensi MPR ke depan dan legal standing GBHN. 

    (Baca juga: Amandemen UUD 1945 Berpotensi Mengubah Konstitusi)

    Fraksi di MPR dan DPD juga akan membicarakan soal wewenang MPR ke depan. "Tapi in prinsiply, semua fraksi dan DPD RI sudah setuju untuk dilakukan amendemen terbatas pada periode ini," ujarnya. 

    Basarah menuturkan amendemen terbatas UUD 1945 bukan sekadar domain fraksi-fraksi di MPR. Sebab, perubahan  menyangkut hukum dasar dan konstitusi Indonesia. Dengan begitu, para ketua umum partai politik dan Presiden masih perlu duduk bersama. 

    "Kita masih dalam posisi menunggu pembicaraan, pertemuan, dan kesepakatan para ketua umum partai politik bersama dengan presiden untuk sepakat atau tidak tentang agenda amendemen UUD 1945 ini," tutur dia. 



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id