comscore

Daerah Diminta Bersiap Hadapi Peningkatan Mobilitas Selama Libur Nataru

Renatha Swasty - 09 Desember 2021 18:18 WIB
Daerah Diminta Bersiap Hadapi Peningkatan Mobilitas Selama Libur Nataru
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) meminta pemangku kepentingan di daerah mesti bersiap menghadapi potensi pergerakan orang secara masif di masa libur Natal dan tahun baru (Nataru). Hal itu agar penyebaran covid-19 tetap terkendali.

"Keterlibatan para pemangku kepentingan hingga tingkat desa sangat diperlukan untuk membantu upaya pengawasan mobilitas masyarakat yang diperkirakan akan meningkat di masa libur Natal dan tahun baru," kata Wakil Ketua MPR Rerie dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 Desember 2021.
Rerie menyebut level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang relatif rendah di sejumlah provinsi Jawa dan Bali memungkinkan meningkatnya masyarakat berkegiatan di area publik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).
Kombinasi antara konsistensi pengawasan dari pemangku kepentingan di setiap daerah dan disiplin masyarakat yang tinggi dalam menerapkan prokes harus dijalankan dengan baik agar sebaran virus korona di Tanah Air tetap terkendali.

Indikasi munculnya kembali kasus positif covid-19 di sejumlah daerah, tegas Rerie, harus menjadi perhatian pemangku kepentingan. Salah satunya melakukan testing dan tracing agar segera diketahui sumber penularan.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu juga menyebut sosialisasi sejumlah aturan berkegiatan di ruang publik harus ditingkatkan. Hal itu agar masyarakat memahami dan mematuhi kebijakan yang berlaku.

Rerie menegaskan sejumlah langkah pencegahan dan antisipasi penyebaran covid-19 harus dikedepankan dalam upaya pengendalian covid-19. Apalagi menjelang akhir tahun tren penyebaran virus korona varian Omicron meningkat di sejumlah negara.

"Ancaman virus korona varian baru dan potensi peningkatan pergerakan orang di masa libur Natal dan tahun baru harus diantisipasi dengan langkah yang tepat dari para pemangku kepentingan di setiap daerah," tutur dia.

Baca: Masyarakat Diimbau Kurangi Mobilitas Jelang dan Saat Libur Nataru
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id