comscore

Tak Impor, Seragam Polisi Disebut Buatan Dalam Negeri

Kautsar Widya Prabowo - 26 Maret 2022 18:18 WIB
Tak Impor, Seragam Polisi Disebut Buatan Dalam Negeri
Ilustrasi seragam polisi/Istimewa
Jakarta: Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyebut seragam dan sepatu yang digunakan Polri buatan dalam negeri. Hal ini merespons kegeraman Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap jajarannya yang mengutamakan pembelian barang impor.

"Sepengetahuan kami seragam dan sepatu Polri sesuai arahan Presiden (Jokowi) menggunakan produksi dalam negeri," ujar Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada wartawan, Sabtu, 26 Maret 2022. 
Poengky berharap Polri senantiasa menggunakan produksi dalam negeri. Termasuk pengadaan alat material khusus (Almatsus).

"Intinya tidak hanya seragam dan sepatu, almatsus juga diharapkan produk dalam negeri," tuturnya.

Baca: Jokowi Sebut Membeli Produk Dalam Negeri Memicu Pertumbuhan Ekonomi

Ia menambahkan pengadaan almatsus wajib dari perusahaan dalam negeri. Hal ini telah diatur dalam Perkap Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pedoman dan Tata Cara Khusus Penyediaan Alat Material Khusus Polri.

Di sisi lain, Poengky mengatakan Polri boleh menggunakan almatsus dari luar negeri. Namun, ada sejumlah catatan mengenai penggunaan produk dari luar negeri.

"Apabila produk dalam negeri tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan pengguna, dapat menggunakan produksi luar negeri," kata Poengky.

Presiden Jokowi kesal jajarannya masih menggunakan anggaran belanja negara untuk membeli produk impor. Jokowi memerinci pengadaan kamera pengawas (CCTV) masih ada yang impor. 

Kemudian, seragam dan sepatu Polri-TNI, hingga onderdil untuk traktor pertanian juga dibeli dari luar negeri. "Apa-apaan ini, dipikir kita bukan negara yang maju? Buat CCTV saja beli impor. Seragam dan sepatu tentara dan polisi beli dari luar! Kita ini produksi di mana-mana bisa jangan diterus-teruskan," ungkap Jokowi saat memberikan arahan tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia secara virtual, Jumat, 25 Maret 2022.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id