4 Juta Keluarga Miskin Telah Menerima BLT Dana Desa

    Anggi Tondi Martaon - 23 Mei 2020 20:24 WIB
    4 Juta Keluarga Miskin Telah Menerima BLT Dana Desa
    Ilustrasi dana desa. Medcom.id
    Jakarta: Sebanyak 4.172.053 juta keluarga miskin sudah mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa. Total anggaran yang disalurkan mencapai Rp2.503.231.800.000.

    “Dalam sehari terakhir terjadi penambahan penyaluran kepada 369.686 keluarga miskin berupa dana Rp221.811.600.000,"  kata Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Sabtu, 23 Mei 2020.

    Abdul menuturkan BLT Dana Desa disalurkan ke 40.086 desa. Jumlah itu setara dengan 67 persen dari 59.453 desa yang menerima transfer dana desa ke rekening kas desa.

    “Kita memang berkejaran dengan dana desa yang tersalur ke desa, agar segera dibelanjakan sebagai BLT Dana Desa. Selama sehari terakhir saja penyaluran BLT Dana Desa telah berlangsung di 3.074 desa," ungkap dia.

    (Baca: 30 Persen Dana Desa di Sidoarjo untuk BLT)

    Dia menyebut BLT Dana Desa disalurkan ke desa yang selesai menyelenggarakan musyawarah desa khusus. Musyawarah untuk keluarga penerima manfaat (KPM) BLT Dana Desa.

    “Sampai hari ini sebanyak 57.899 desa telah melakukan musdes khusus. Ini setara dengan 99 persen dari desa telah mendapat transfer dana desa. Dalam sehari saja tercatat musyawarah dilakukan 1.159 desa," papar dia.

    Abdul mengungkapkan pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak dalam penyaluran BLT Dana Desa, di antaranya Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

    "Kemendagri turut mendukung dengan memfasilitasi para bupati dan wali kota yang mengalami kesulitan mempercepatan penyaluran BLT Dana Desa," ujar dia.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id