Dua Pesan SBY di Penghujung Jabatan Ketum Demokrat

    Anggi Tondi Martaon - 15 Maret 2020 11:59 WIB
    Dua Pesan SBY di Penghujung Jabatan Ketum Demokrat
    Bambang Yudhoyono (SBY) berpidato sekaligus berpamitan di penghujung masa jabatan Ketua Umum Partai Demokrat. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon
    Jakarta: Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pidato politik terakhirnya sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat di Kongres ke-V. Setidaknya ada dua pesan yang disampaikan SBY kepada seluruh kader.

    Pertama, Partai Demokrat harus senantiasa mengutamakan kepentingan negara dan rakyat. Kesetiaan pada negara harus didahulukan daripada partai.

    "Loyalty to my party ends, when loyalty to my country begins. Ini kelihatannya klasik dan kuno. Mungkin ada pihak yang mencemooh kita. Tapi, dengarkan baik-baik para kader Demokrat, apa yang hendak saya katakan ini," kata SBY di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Minggu, 15 Maret 2020.

    Baca: SBY Tak Maju Lagi di Kongres V Demokrat

    Presiden ke-6 RI itu menegaskan, kepentingan rakyat harus diperjuangkan. Demokrat ada karena mendapat dukungan dari rakyat.

    "Meskipun kemampuan kita terbatas, kita harus terus memperjuangkan harapan rakyat. Itulah sebabnya, dalam kongres ini kita angkat tag line Harapan Rakyat, Perjuangan Demokrat," ungkap dia.

    Kedua, SBY meminta agar kader konsisten dalam perjuangan. Rakyat akan mencibir partai politik yang tidak konsisten.

    "Pandai berjanji, namun tidak ditepati. Mengecam pihak lain sebagai buruk dalam berpolitik, tetapi politik yang dijalankan justru lebih buruk," sebut dia.

    Dua Pesan SBY di Penghujung Jabatan Ketum Demokrat
    Bambang Yudhoyono (SBY). ANTARA/Hafidz Mubarak A

    Kesuksesan yang pernah diraih Demokrat tak lepas dari konsisten yang dijunjung tinggi oleh partainya. Namun, pendirian tersebut diabaikan beberapa kader. Hal itu membuat Demokrat jatuh dalam Pemilu 2014 dan 2019.

    "Itulah sebabnya, 5 tahun terakhir ini kita melakukan koreksi dan perbaikan internal yang serius, utamanya menyangkut integritas kader-kader Demokrat," kata dia.

    Baca: AHY Mendaftar Sebagai Caketum Demokrat

    Setelah menyampaikan dua pesan tersebut, SBY pun berpamitan kepada seluruh kader sebagai ketua umum partai. Dia meyakini, pemimpin selanjutnya bakal membawa Demokrat berjaya kembali.

    "Saya punya keyakinan yang tinggi, di tangan para pemimpin baru nanti, masa depan Partai Demokrat akan makin cerah," ujar dia.

    Setelah menyampaikan pidato terakhirnya, SBY dikerubungi oleh beberapa kader saat menuju kursinya. Mereka mengucapkan terimakasih kepada pendiri partai lambang bintang mercy itu. Momen tersebut diiringi oleh lagu Rumah Kita yang dinyanyikan sebagian kader.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id