RUU Ciptaker Hapus Penghambat Pembangunan Ekonomi

    Medcom - 21 Juni 2020 15:17 WIB
    RUU Ciptaker Hapus Penghambat Pembangunan Ekonomi
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Pembangunan ekonomi cenderung melambat dinilai karena rumitnya birokrasi  dan regulasi yang berbelit. Hadirnya Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) bisa memangkas regulasi-regulasi yang menghambat tersebut. 

    “Ide RUU Cipta Kerja ini, baik dari sisi hukum maupun ekonomi, adalah melakukan efisiensi regulasi dan menghindari birokratisasi yang menghambat pembangunan,” kata pengamat hukum Indriyanto Seno Adji di Jakarta, Minggu, 21 Juni 2020. 

    Menurut mantan pimpinan Komisi Pemberantansan Korupsi (KPK) itu, percepatan dan penyederhanaan regulasi sangat dibutuhkan di Indonesia. Hal ini mengingat banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terdampak pandemi virus korona (covid-19). 

    “Pada masa covid-19, tentu ini memberikan peluang bagi UMKM yang sangat menjanjikan karena usaha UMKM ini salah satu jenis kegiatan usaha yang tetap bertahan dengan baik dan memiliki signifikan memperkuat jaringan pada level ke bawah menengah masyarakat. UMKM ini salah satu sokoguru perekonomian nasional yang tetap harus dikembalikan,” ucapnya.

    Guru Besar Universitas Krisnadwipayana itu menambahkan penerapan RUU Ciptaker tidak mesti dalam waktu dekat. Penerapannya bisa satu atau dua tahun lagi karena Indonesia tengah menghadapi darurat covid-19.

    “Ini butuh kesepakatan dan keputusan politik antara pemerintah dan DPR,” jelas Indriyanto.

    Baca: RUU Ciptaker Momentum Benahi Regulasi Perizinan UMKM

    Presiden Joko Widodo menyepakati pembahasan RUU Cipta Kerja. Omnnibus law itu akan menyederhanakan UU dan peraturan guna menggenjot perekonomian dan menumbuhkan investasi sehingga menyerap tenaga kerja.

    Kendati begitu, penolakan terhadap RUU tersebut sempat muncul dari berbagai pihak. Saat ini, DPR dan Presiden sepakat mencoret isu ketenagakerjaan dari RUU itu, tetapi pasal-pasal lain tetap dilanjutkan pembahasannya oleh DPR.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id