Pemda Harus Penuhi Syarat Sebelum Longgarkan PSBB

    Surya Perkasa - 25 Juni 2020 21:41 WIB
    Pemda Harus Penuhi Syarat Sebelum Longgarkan PSBB
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Medcom.id/Fachri Audia Hafiez
    Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta pemerintah daerah (Pemda) memastikan pemenuhan persyaratan sebelum melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hal tersebut untuk mengantisipasi ancaman gelombang baru penyebaran  di daerah.

    "Alih-alih ekonomi bergerak, bila sebaran covid-19 belum terkendali malah akan menuai ledakan penularan," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 25 Juni 2020.

    Indikasi terus bertambahnya jumlah positif Covid-19 di daerah diungkap juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto. Total pasien positif mencapai 50.187 orang hingga Kamis, 25 Juni 2020.

    Kasus meninggal bertambah 47 orang menjadi 2.620 orang. Adapun, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 37.294 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) 13.323 orang. Virus telah menyerang 34 provinsi dengan total 446 kabupaten di Indonesia.

    Hampir setiap daerah di Pulau Jawa mulai melonggarkan kebijakan pembatasan untuk menggerakkan ekonomi. Rerie, begita sapaan Lestari, berharap pemerintah daerah mengevaluasi kebijakan yang diterapkan saat ini.

    "Peningkatan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 harus dipastikan, sebelum menerapkan kebijakan pelonggaran pembatasan sosial," kata dia.

    Organisasi kesehatan dunia (WHO) sudah memberikan sejumlah persyaratan untuk melonggarkan pembatasan sosial di sebuah wilayah. Enam hal yang dipersyaratkan WHO yaitu, transmisi penyakit di daerah itu sudah terkendali, sistem kesehatan mampu mendeteksi, mengetes, mengisolasi, dan melakukan pelacakan kontak terhadap semua kasus positif.

    Selain itu,  tambahnya, risiko di lokasi hot spot seperti panti jompo bisa diminimalisir; sekolah, kantor, dan lokasi penting lainnya bisa dan telah menerapkan upaya pencegahan; risiko kasus impor bisa ditangani dan komunitas masyarakat sudah benar-benar teredukasi, terlibat, dan diperkuat untuk hidup dalam kondisi 'normal' yang baru.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id