Fraksi NasDem Siap Potong Gaji Selama Korona Mewabah

    Anggi Tondi Martaon - 02 April 2020 13:51 WIB
    Fraksi NasDem Siap Potong Gaji Selama Korona Mewabah
    Politikus NasDem Ahmad Sahroni. Foto: Medcom
    Jakarta: Fraksi Partai NasDem di DPR berkomitmen membantu warga menanggulangi virus korona (covid-19). Salah satunya mendonasikan gaji anggota selama virus korona mewabah di Indonesia.

    "Lima bulan, enam bulan, atau bahkan setahun pun kita siap (potong gaji)," kata Bendahara Fraksi NasDem Ahmad Sahroni di Kompleks Media Group, Kedoya, Jakarta, Kamis, 2 April 2020.

    Wakil Ketua Komisi III itu mengungkapkan kepedulian Fraksi NasDem ini atas dasar kemanusiaan. Uluran tangan dari berbagai kalangan dibutuhkan berbagai pihak yang terdampak korona.

    "Kita melakukan ini bukan hanya karena pencitraan semata yang sekali saja tapi kita mengikuti perkembangan wabah," ungkap Ahmad.

    Dia mengimbau upaya serupa dilakukan pihak lain. Wabah yang pertama kali teridentifikasi di Wuhan, Tiongkok, itu harus dihadapi bersama-sama.

    "Kita mengimbau legislator dari Sabang sampai Merauke menggugah hati dan perasaan membantu pemerintah dan bangsa melawan wabah yang mendunia," ujar dia.

    Sementara itu, gaji dan tunjangan anggota DPR diatur Surat Edaran Setjen DPR No.KU.00/9414/DPR RI/XII/2010 dan Surat Menteri Keuangan Nomor S-520/MK.02/2015. Gaji pokok anggota sebesar Rp4,2 juta.

    Di luar gaji, para wakil rakyat mendapatkan beragam tunjangan lain. Dalam satu bulan, anggota DPR dapat menerima uang hingga Rp66,1 juta. Wakil ketua DPR menerima Rp78,8 juta dan ketua mencapai Rp80,3 juta.

    Fraksi NasDem Siap Potong Gaji Selama Korona Mewabah

    Baca: NasDem Tak Masalah Hanya Sendirian Potong Gaji

    Fraksi NasDem di DPR telah memotong gaji Maret 2020 seluruh anggotanya untuk membantu penanganan virus korona. Jumlah donasi yang terkumpul pada tahap pertama ini mencapai Rp500 juta.

    Potongan gaji tersebut disalurkan melalui Dompet Kemanusiaan Media Group. Donasi disalurkan untuk pembelian alat pelindung diri (APD) yang akan didistribusikan kepada rumah sakit (RS) di luar Pulau Jawa.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id