Survei: Masyarakat Tidak Percaya Data Covid-19 Pemerintah

    Sri Yanti Nainggolan - 23 Mei 2020 15:59 WIB
    Survei: Masyarakat Tidak Percaya Data Covid-19 Pemerintah
    Ilustrasi kasus korona di Indonesia. Medcom.id
    Jakarta: Survei lembaga kajian Roda Tiga Konsultan menemukan sebagian masyarakat ragu dengan data pemerintah terkait covid-19. Kinerja pemerintah menanggulangi virus yang muncul pertama kali di Wuhan, Tiongkok ini juga dinilai sedang-sedang saja.

    Survei menunjukkan 45,2 persen responden percaya dengan data yang dikeluarkan pemerintah mengenai jumlah orang positif, meninggal, dan sembuh karena covid-19.

    "Sebaliknya, lebih dari separuh (51,8 persen) responden ragu-ragu dan tidak percaya dengan data tersebut," dikutip dari keterangan resmi 'Survei Nasional Pandangan Masyarakat Terhadap Penanganan Pandemi Covid-19', Sabtu, 23 Mei 2020.

    Responden juga menilai kinerja pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota. Pemerintah pusat mendapat skor paling rendah, yaitu 6,87 dari 100. Sementara itu, pemerintah provinsi mendapat nilai 7,05 dan pemerintah kabupaten/kota 6,99.

    (Baca: Jokowi Ogah Disebut Menutupi Data Covid-19)

    Kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menangani covid-19 juga dinilai sedang-sedang saja. Jokowi mendapat skor 7,09.

    Survei juga menunjukkan lebih dari 3/4 responden atau 76,7 persen tidak mendapat bantuan selama pandemi covid-19. Bantuan yang diterima berasal dari pemerintah kabupaten kota 10 persen, pemerintah pusat 5,3 persen, dan pemerintah provinsi 3 persen.

    "Ternyata bantuan dari lembaga sosial (4,8 persen) cukup berperan bahkan lebih tinggi daripada bantuan yang diterima dari pemerintah provinsi dan hampir setara dengan pemerintah pusat,"

    Survei dilaksanakan pada 7-17 Mei 2020 melalui wawancara telepon. Survei melibatkan 1.200 responden dengan margin of error 2,89 persen dan confidence level 95 persen. Responden tersebar di seluruh Indonesia.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id