Terawan Sebut Tudingan Ilmuwan Harvard Mengada-ada

    Nur Azizah - 11 Februari 2020 17:46 WIB
    Terawan Sebut Tudingan Ilmuwan Harvard Mengada-ada
    Menkes Terawan Agus Putranto mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Foto: Antara/Hafidz Mubarak
    Jakarta: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menepis tudingan ilmuwan dari Universitas Harvard, Marc Lipsitch, yang menyebut Indonesia tak piawai mendeteksi virus korona. Dia menegaskan tudingan tersebut ngawur.

    "Ya saya tanggapi itu enggak benar. Ya menurut saya kecurigaan itu mengada-ada," kata Terawan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 11 Februari 2020.

    Terawan menegaskan Indonesia memiliki peralatan yang lengkap untuk mendeteksi virus korona. Ia mempersilakan Marc Lipsitch untuk memeriksa peralatan tersebut.

    "Kita punya peralatan untuk pemeriksaan korona dan itu sudah teruji, dan boleh lihat sendiri di Balitbangkes," tegas Terawan.

    Terawan Sebut Tudingan Ilmuwan Harvard Mengada-ada
    Ilustrasi virus korona. Foto: Medcom.id

    Marc Lipsitch sebelumnya menyebut virus korona sudah masuk ke Indonesia. Namun, Indonesia tidak bisa mendeteksi virus tersebut. 

    Terawan pun menantang Marc Lipsitch membuktikan tundingan itu. "Tidak ada sesuatu yang ditutupi dan memang kita punya alat itu. Ya Harvard suruh ke sinilah. Saya buka pintunya untuk melihat," tantang Terawan.

    Terawan bersyukur tidak ada masyarakat di Indonesia yang terinfeksi virus korona. Dia pun memastikan bakal memperketat pemeriksaan di seluruh pintu masuk Indonesia.

    "Perkara Indonesia tidak ada ya itu berkat yang Maha Kuasa, kita tidak mengharapkan ada. Dan kita melakukan pemeriksaan dengan ketat dan sesuai standar," pungkas dia.





    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id