Jokowi Tak Akan Melonggarkan PSBB

    Nur Azizah - 18 Mei 2020 12:58 WIB
    Jokowi Tak Akan Melonggarkan PSBB
    Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani
    Jakarta: Presiden Joko Widodo tidak akan melonggarkan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk saat ini. Ia tak mau masyarakat keliru dan mengacuhkan protokol kesehatan.

    "Saya ingin tegaskan bahwa belum ada kebijakan pelonggaran PSBB. Karena jangan muncul nanti di (masyarakat), keliru ditangkap masyarakat bahwa pemerintah sudah mulai melonggarkan PSBB, belum," tegas Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 18 Mei 2020.

    Namun, Jokowi tak menampik timnya saat ini tengah menyusun skenario pelonggaran PSBB. Skenario ini akan diterapkan bila kasus positif covid-19 mengalami penurunan signifikan.

    "Yang kita siapkan ini memang baru sebatas rencana atau skenario pelonggaran yang akan diputuskan setelah ada timing yang tepat serta melihat data dan fakta di lapangan, biar semuanya jelas," ujarnya.

    Kepala Negara tak mau gegabah mengambil keputusan. Sebab, salah mengambil keputusan bisa berakibat fatal.

    "Karena kita harus hati-hati jangan keliru kita memutuskan. Dalam minggu ini maupun minggu ke depan, ke depannya lagi, dua minggu ke depan, pemerintah masih akan tetap fokus pada larangan mudik dan mengendalikan arus balik," tegasnya.

    Jokowi meminta Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk memastikan larangan mudik ini berjalan efektif. Namun, larangan ini tak berlaku untuk transportasi barang dan logistik.

    "Yah kita larang itu mudiknya, bukan transportasinya. Karena transportasi, sekali lagi transportasi untuk logistik, urusan pemerintahan, kesehatan, kepulangan pekerja migran, dan juga urusan ekonomi esensial itu tetap masih bisa berjalan dengan protkol kesehatan yang ketat," ujarnya



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id