Kemenkes Bantah Bebankan Pencegahan Virus Korona Kepada Masyarakat

    Theofilus Ifan Sucipto - 19 Mei 2020 14:36 WIB
    Kemenkes Bantah Bebankan Pencegahan Virus Korona Kepada Masyarakat
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membantah membebankan pencegahan virus korona (covid-19) kepada masyarakat. Pencegahan virus merupakan tugas bersama.

    “Pemerintah tidak menyerahkan kepada masyarakat. Tapi masyarakat memiliki peran besar dalam memutus mata rantai covid-19,” kata Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Kirana Pritasari, saat menjawab pertanyaan Medcom.id dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020.

    Kirana mengatakan masyarakat berperan penting dalam upaya pencegahan. Pemerintah berperan memfasilitasi masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran soal bahaya virus korona.

    “Pemerintah juga bergerak langsung dan berjenjang kepada masyarakat di akar rumput seperti rukun tetangga/rukun warga (RT/RW),” ujar dia.

    (Baca: Berdamai dengan Pandemi Covid-19 Bukan Berarti Kalah)

    Kirana mengaku pemerintah tak bisa berjalan sendiri dalam mencegah virus korona. Kolaborasi pemerintah dan masyarakat diyakini efektif mengatasi korona.

    “Upaya pencegahan penularan kalau hanya dilakukan pemerintah maka sangat sulit. Masyarakat juga harus diperkuat,” tutur Kirana.

    Pemerintah mulai menggaungkan agar masyarakat hidup berdampingan dengan virus korona. Ini diikuti dengan wacana pemerintah melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

    Sejumlah pihak menilai pemerintah mulai menyerah melawan covid-19. Namun, hal itu dibantah.

    "Hidup berdampingan tidak dimaknai dengan menyerah tetapi kita harus mengubah perilaku, kita harus mengubah cara pandang," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Ahmad Yurianto di Graha BNPB, Jakarta, Minggu, 17 Mei 2020.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id