Koordinasi Antarlembaga Harus Ditingkatkan

    Anggi Tondi Martaon - 11 Mei 2020 21:12 WIB
    Koordinasi Antarlembaga Harus Ditingkatkan
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Dok. Istimewa
    Jakarta: Kementerian/Lembaga (K/L) diminta meningkatkan koordinasi. Ini untuk menghilangkan hambatan birokrasi dalam setiap kebijakan.

    "Koordinasi saya lihat memang titik lemah birokrasi kita. Upaya untuk memperbaikinya harus dimulai dari pimpinan negara, daerah, sampai pimpinan kementerian dan lembaga harus punya leadership yang kuat dan efektif menerapkan koordinasi," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat di Jakarta, Senin, 11 Mei 2020.

    Politikus Partai NasDem itu menyebut masalah koordinasi sebagai penyakit menahun yang sudah terjadi sejak orde baru. Ketika itu ada empat konsep yang akan diterapkan dalam birokrasi di Indonesia yaitu koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan simplikasi.

    Namun, konsep itu tak terlaksana hingga orba bubar. Hingga saat ini, koordinasi tetap menjadi masalah kronis di tubuh birokrasi Indonesia.

    Menurut Rerie, koordinasi yang baik dalam tubuh birokrasi sangat diperlukan. Apalagi, Indonesia dan negara lain di dunia tengah dihadapkan dengan ketidakpastian akibat pandemi covid-19.

    "Banyaknya tantangan yang dihadapi tentunya membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam bertindak, sehingga kita membutuhkan koordinasi yang kuat dalam birokrasi agar mampu mengatasi persoalan yang ada," ungkap dia.

    Dia mengingatkan pemerintah agar tidak mengeluarkan pernyataan multitafsir. Sebab, itu akan membuat masyarakat bingung dan menimbulkan kegaduhan.

    "Efek pandemi covid-19 ini multidimensi, mulai dari sektor ekonomi, sosial bahkan budaya, jadi perlu penanganan yang komprehensif dan harus segera. Jangan malah kita gaduh meluruskan pernyataan para pejabat," ujar dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id