Wapres: Terorisme Bukan Jihad, tapi Merusak

    Kautsar Widya Prabowo - 16 Juni 2021 15:03 WIB
    Wapres: Terorisme Bukan Jihad, tapi Merusak
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan tidak ada agama mana pun yang membenarkan terorisme. Dalam perspektif Islam, terorisme dianggap sebagai perbuatan berlebihan dalam beragama. 

    "Terorisme bukanlah jihad yang sifatnya melakukan perbaikan (islah) karena karakter dasar terorisme adalah merusak (ifsad)," ujar Ma'ruf dalam peluncuran pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) Tahun 2020-2024, Rabu, 16 Juni 2021.

     



    Baca: Perpres RAN PE Dinilai Tingkatkan Rasa Aman Masyarakat dari Ancaman Ekstremisme

    Menurut dia, perkembangan teknologi komunikasi dan informasi turut memengaruhi radikalisme. Salah satunya aktor radikalisme memanfaatkan media baru untuk rekrutmen. 

    "Arus informasi menyebar secara cepat melintas batas antarnegara, termasuk nilai-nilai radikalisme dan ekstremisme," terang dia. 

    Pemerintah pada Januari 2021 telah menerbitkan Perpres Nomor 7 Tahun 2021 tentang RAN PE. Regulasi itu dibentuk untuk meningkatkan perlindungan hak atas rasa aman warga negara dari eskremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme.

    "Bagian dari pelaksanaan kewajiban negara terhadap hak asasi manusia dalam rangka memelihara stabilitas keamanan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara (UUD) Republik Indonesia Tahun 1945," jelas Ma'ruf.


    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id