Mahfud: Perguruan Tinggi Harus Jadi Benteng Budaya

    Cahya Mulyana, Media Indonesia.com - 06 September 2021 04:33 WIB
    Mahfud: Perguruan Tinggi Harus Jadi Benteng Budaya
    Menko Polhukam Mahfud MD/Medcom.id/Theo



    Jakarta: Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut perguruan tinggi harus menjadi benteng budaya yang menjaga eksistensi jati diri bangsa. Apalagi, era revolusi 4.0 sekarang didominasi teknologi dan digitalisai.

    "Pada era dimana budaya sangat beragam, berbagai belahan dunia akan mudah saling terhubung dan saling mempengaruhi. Tidak banyak perguruan tinggi yang menasbihkan dirinya sebagai perguruan tinggi berbasis budaya. Dari sedikit kampus yang berbasis budaya tersebut, satu diantaranya adalah Universitas Widya Mataram di Yogyakarta," kata Mahfud saat peletakan batu pertama pembangunan Gedung Universitas Widya Mataram Yogyakart, Minggu, 5 September 2021.

     



    Mahfud menegaskan Indonesia dikenal sebagai bangsa yang punya budaya adiluhung. Yakni budaya unggul yang penuh kehalusan budi, kesantunan, gotong royong, keindahan, dan beragama.

    "Di era digital ini, bangsa kita harus mampu mempertahankan roh dan nilai-nilai adiluhung bagi kemanusiaan dari masuknya budaya asing seperti hedonisme, liberalisme, dan rasionalisme," kata Mahfud.

    Baca: Nadiem Sebut Kanal Indonesiana Bakal Jadi Pustaka Budaya

    Bagi Mahfud, rasionalitas dan wawasan rasional memang penting, tetapi rasionalisme berbahaya bagi kehidupan manusia. Sebab, rasionalisme berangkat dari asumsi benar itu hanya yang logis, masuk akal, bisa diuji melalui eksperimen atau dihitung.

    Sedangkan, wawasan rasional atau rasionalitas bagi bangsa Indonesia, tak mengurangi penghargaan akan pentingnya akal yang harus didukung dengan eksperimen dan pembuktian logis.

    "Pembuktian logis itu penting, tetapi di samping itu harus didasarkan pada keimanan kepada Tuhan, kepekaan nurani, ketulusan budi, moralitas, gotong royong dan estetika," tegas Mahfud.

    Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id