Kanwil Kemhan Diminta Monitor Ancaman terhadap Ideologi

    Antara - 13 Mei 2019 18:35 WIB
    Kanwil Kemhan Diminta Monitor Ancaman terhadap Ideologi
    Menhan Ryamizard Ryacudu. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
    Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu meminta seluruh kepala kantor wilayah Kementerian Pertahanan (kanwil Kemhan) di tiap provinsi memprioritaskan ancaman terhadap ideologi negara, Pancasila. Masalah ini harus diwaspadai.
     
    “Terdapat tiga ancaman negara, yakni ancaman nyata, belum nyata, dan ancaman mindset, mengubah ideologi,” kata Ryamizard pada pengarahan dan pembekalan kepala kanwil Kemhan di Jakarta, Senin, 13 Mei 2019.

    Menurut dia, Pancasila adalah landasan fundamental kekuatan pemersatu bangsa guna menjaga NKRI dari berbagai tantangan dan ancaman yang masih akan terus berlangsung. Di sisi lain, ancaman ideologi disebarkan melalui lingkup kecil akademik, seperti sekolah maupun universitas.
     
    “Maka dari itu, diperlukan adanya suatu konsep penanaman wawasan kebangsaan yang kuat dan final kepada seluruh rakyat Indonesia agar tidak mudah terpengaruhi atau terprovokasi,” kata dia.
     
    Baca: Indonesia Harus Bersama-sama Lawan Ideologi Khilafah
    Untuk itu, dia menekankan kepada para kepala kanwil Kemhan seluruh Indonesia untuk mengerti dan memahami tugas pokoknya. Mereka juga wajib membangun sinergi yang kokoh dan harmonis dengan aparat pemerintah daerah, dan aparat keamanan lainnya.   
     
    Di sisi lain, Ryamizard  mengajak masyarakat untuk turut menjaga kebersamaan dan tidak saling menakut-nakuti dengan narasi people power. Menurut dia, people power bukanlah sebuah ancaman negara, melainkan masalah demokrasi dan preferensi.   

    “Masalah suka tidak suka, bukan ancaman negara dan sekarang saya kira sudah tidak ada lagi, mudah-mudahan tidak ada,” kata dia.   



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id