Legislator: Panglima TNI Baru Harus Bisa Membereskan Masalah di Papua

    Fachri Audhia Hafiez - 20 September 2021 15:13 WIB
    Legislator: Panglima TNI Baru Harus Bisa Membereskan Masalah di Papua
    Gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah



    Jakarta: Anggota Komisi I DPR Christina Aryani menilai calon panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto harus mampu mengatasi konflik di Papua. Terlebih, aksi penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) semakin marak.

    "Panglima yang baru juga harus sanggup bisa menjaga keadaan di sana bisa lebih kondusif," kata Christina di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 20 September 2021.

     



    Christina tak memungkiri tantangan terhadap situasi keamanan kerap berubah. Inovasi sosok pemegang tongkat komando tertinggi di TNI dalam hal keamanan dinantikan.

    "Sekarang kita melihat ada ya dinamika perkembangan-perkembangan terbaru, pastinya harus punya inovasi, harus punya inisiatif juga," ujar Christina.

    Politikus Partai Golkar itu menuturkan calon panglima TNI juga mesti menjaga soliditas tiga matra. Sehingga, kekompakan dari para prajurit terus terjalin.

    "Karena sejak dia menjadi panglima, dia tidak hanya mengurusi matranya lagi, tapi ada yang lain juga yang tentu harus menjadi perhatian," ucap Christina.

    Baca: Jokowi Disebut Sedang Menimbang Calon Panglima TNI

    DPR belum menerima surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait usulan nama calon panglima TNI. Surat tersebut diharapkan diterima parlemen sebelum November 2021.

    "Supaya ada waktu yang cukup bagi calon panglima untuk mempersiapkan diri nanti kan akan menghadapi fit and proper test dengan Komisi I," kata Christina.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id