Kemenkumham dan Pemkot Tangerang Sepakat Cabut Laporan Polisi

    M Sholahadhin Azhar - 18 Juli 2019 17:00 WIB
    Kemenkumham dan Pemkot Tangerang Sepakat Cabut Laporan Polisi
    Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah (ketiga kiri) berjabat tangan dengan Sekretaris Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto (kedua kanan). (Foto: Dok./Humas Kemendagri)
    Jakarta: Kementerian Dalam Negeri rampung memediasi perseteruan Pemerintah Kota Tangerang dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo menyebut kedua pihak akan mencabut laporan di kepolisian.

    "Kan saya katakan, tadi mau dicabut semuanya, Menkumham mencabut, pak wali kota mencabut," kata Hadi di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, 18 Juli 2019.

    Baca: Ketua DPRD Kritik Wali Kota Tangerang

    Dalam mediasi yang berlangsung dua jam itu, kedua pihak sepakat tak membawa perseteruan lahan itu ke ranah pidana. Hadi pun memastikan kedua pihak bakal langsung menjalankan kesepakatan itu.

    Sehingga, perseteruan terkait Izin Mendirikan Bangunan (IMB) milik Kemenkumham di Tangerang tak berlarut. "Pulang dari sini nanti dicabut. Sudah tidak ada pertentangan," tegas Hadi.

    Kemendagri mengundang Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto. Mediasi berlangsung atas arahan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

    Tjahjo diketahui meradang setelah mengetahui perseteruan itu. Seharusnya, perbedaan pendapat antara pemerintah pusat dan daerah harus dikomunikasikan.

    Baca: Pemkot Tangerang dan Kemenkumham Berbaikan

    Perseteruan yang dipicu polemik soal lahan di Tangerang, membuat Yasonna dan Arief mengambil jalan hukum. Keduanya saling lapor di Polda Metro Jaya pada Selasa, 16 Juli 2019.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id