Komisi III Akan Evaluasi Kinerja KPK

    Nur Azizah - 27 November 2019 11:17 WIB
    Komisi III Akan Evaluasi Kinerja KPK
    Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Media Indonesia.
    Jakarta: Komisi III DPR bakal mengevaluasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satunya penyelesaian kasus di bawah komando Agus Raharjo.

    "Periode mereka ini akan berakhir tanggal 20 Desember. Kita akan tanya perkara-perkara mana yang sudah diselesaikan, mana yang belum. Itu akan kita evaluasi," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu, 27 November 2019.

    Desmond menyebut evaluasi ini berkaitan dengan peralihan kepemimpinan KPK pada 20 Desember 2019. Evaluasi itu bisa memetakan kasus mana saja yang bisa dihentikan atau SP3.

    "Dari situ kita bisa lihat parameter apa saja yang dipakai KPK dalam melaksanakan SP3 yang akan datang," ujar dia.

    Salah satu kasus yang masih menggantung ialah kasus Sjamsul Nur Salim dan Intjih Nur Salim dalam kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Pasangan suami istri ini telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

    Keduanya ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam proses pemenuhan kewajiban pemegang saham Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) selaku obligor BLBI kepada Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

    KPK menduga Sjamsul kongkalikong dengan mantan Ketua BPPN Syafruddin Arsyad Temenggung dalam skandal tersebut. Kerugian negara akibat kasus itu ditaksir mencapai Rp4,58 triliun.

    Sjamsul dan Itjih disangka melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id