Berbahasa Inggris di Forum Internasional Bersifat Informal

    19 September 2018 15:40 WIB
    Berbahasa Inggris di Forum Internasional Bersifat Informal
    Ilustrasi. (Foto: MI/Susanto)
    Jakarta: Pengamat Hubungan Internasional Hikmahanto Juwana mengatakan debat kandidat calon presiden dan wakil presiden tak perlu menggunakan bahasa Inggris.

    Bahkan di forum-forum internasional sekali pun kepala pemerintahan seperti presiden tetap dapat menggunakan bahasa asli negaranya untuk menyampaikan pesan.

    "Kalau resmi kenegaraan harus mengguanakan bahasa Indonesia karena penerjemahannya bisa saja tidak akurat antara bahasa Inggris dan Indonesia. Yang ahli tentu para penerjemah," ujarnya dalam Selamat Pagi Indonesia, Rabu, 19 September 2018.

    Hikmahanto mengatakan penggunaan bahasa Inggris di forum-forum internasional konteksnya adalah informal yang tak membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris tingkat tinggi atau dengan aksen Amerika atau British. 

    Bahasa Indonesia, kata dia, harus tetap digunakan sepanjang hal itu resmi kenegaraan. Sedangkan bahasa Inggris umumnya digunakan untuk mencairkan suasana dalam konteks informal atau acara tidak resmi.

    "Jadi kalau konteksnya formal semua harus dilakukan dengan bahasa lokal, bahasa Indonesia misalnya. Untuk bahasa Inggris konteksnya agar komunikasi lebih cair dan mengakrabkan," jelas dia.





    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id