NasDem Lobi Lintas Komisi Guna Sahkan RUU PKS

    Zaenal Arifin - 07 Maret 2020 02:45 WIB
    NasDem Lobi Lintas Komisi Guna Sahkan RUU PKS
    Ilustrasi. Medcom.id.
    Jakarta: Fraksi NasDem di DPR terus melakukan komunikasi politik dengan partai dan beberapa komisi guna mendorong pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS). Lobi dilakukan agar pembahasan RUU PKS mulus di Parlemen. 

    "Alasannya (melobi), lintas sektor, ada Komisi III, Komisi VIII, dan Komisi XI," kata Anggota Badan Legislatif (Baleg) DPR Fraksi NasDem Taufik Basari dalam diskusi 'RUU Penghapusan Kekerasan Seksual: Jalan Keadilan Bagi Korban' di Jakarta Pusat, Jumat, 6 Maret 2020.

    Baca: Jokowi Bahas RUU Ciptaker Bersama Pimpinan Partai

    Menurut Taufik, NasDem juga terus melakukan komunikasi secara informasi di internal Baleg. Lobi informal sengaja dilakukan sembari menunggu draf RUU PKS rampung. Komunikasi lebih mendalam bakal dilakukan setelah draf RUU PKS selesai.

    "Sekaligus juga meyakinkan bahwa substansi yang berada di RUU dari usulan NasDem ini dapat mengakomodasi kepentingan yang ada," jelas Taufik.

    Taufik menuturkan sejumlah fraksi memberikan respons positif terkait RUU PKS. Kendati, sikap resmi terkait ada tidaknya dukungan belum diputuskan. Menurut Taufik, nasib RUU PKS bakal lebih terang ketika naskah akademik rampung.

    NasDem Lobi Lintas Komisi Guna Sahkan RUU PKS
    Anggota Baleg DPR Fraksi NasDem Taufik Basari. Foto: Medcom/Kautsar Widya Prabowo

    NasDem ingin mendorong pembahasan RUU PKS dapat segera dilakukan di Baleg lewat panitia kerja (panja). Lebih cepat diproses, kata dia, lebih baik.

    "Mudah-mudahan disetujui oleh yang lain, kalau misalnya dalam masa persidangan ketiga ini sudah dapat dibentuk panja di Baleg itu akan lebih mempercepat prosesnya," ujarnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id