comscore

Ridwan Kamil Dinilai Berpeluang Masuk Bursa Cagub DKI

Arga sumantri - 14 Juni 2022 21:59 WIB
Ridwan Kamil Dinilai Berpeluang Masuk Bursa Cagub DKI
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Branda Antara
Jakarta: Peneliti dari lndonesian Politic, and Policy Institute (IPPI) Muhammad Albana menilai kepemimpinan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selama hampir empat tahun terakhir cukup positif. Ridwan Kamil dianggap memberikan banyak kemajuan pada salah satu provinsi yang penduduknya paling padat tersebut.

"Penataan Citarum, pengembangan pariwisata daerah, sampai inovasi program di bidang kesehatan dan pendidikan," ungkap Albana melalui keterangan tertulis, Selasa, 14 Juni 2022.
Menurut dia, Ridwan Kamil juga cukup berhasil dalam memimpin di Kota Bandung saat menjabat sebagai wali kota. Kang Emil, sapaannya, dinilai mampu mengatasi persoalan klasik di Kota Bandung. 

"Masalah sampah, angkutan publik, sampai penataan PKL dia mampu bereskan," ucap dia.

Menurut dia, peluang Ridwan Kamil masuk bursa Gubernur DKI Jakarta pada 2024 cukup terbuka. Mantan Wali Kota Bandung itu dinilai memiliki kapasitas memimpin Jakarta.

"Bandung itu persoalannya cukup kompleks. Kota Metropolitan. Ini jadi modal penting untuk Pilgub DKI Jakarta. Ditambah dia sosok teknokrat, arsitek," ujar dia.

Baca: Pilpres 2024 Diprediksi Ada 3 Poros

Terlebih, kata dia, hasil jajak pendapat lembaga survei The Center for Strategic and International Studies (CSIS) belum lama ini menempatkan Ridwan Kamil sebagai sosok yang dinilai paling kompeten memimpin Jakarta. Survei tersebut melibatkan para ahli di bidang sosial, politik, ekonomi. 

"Parameter penilaiannya itu memimpin di saat krisis, membuat perubahan, menggerakkan birokrasi, dan mengelola anggaran yang tepat sasaran," ujar dia.

Survei CSIS dilakukan terhadap 170 ahli pada 28 Maret-12 April 2022. Dari skala 1 sampai 10, Ridwan Kamil meraih poin 7,11. Kemudian, disusul Menteri BUMN Erick Thohir dengan skor 6,99, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini di posisi ketiga dengan skor 6,78.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id