comscore

Lestari Moerdijat: Keselamatan Transportasi Harus Menjadi Perhatian Bersama

Theofilus Ifan Sucipto - 23 Mei 2022 17:20 WIB
Lestari Moerdijat: Keselamatan Transportasi Harus Menjadi Perhatian Bersama
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Dok Medcom.id
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) menekankan pentingnya keselamatan di sektor transportasi. Seluruh pihak diajak mengambil peran untuk menjamin terwujudnya keselamatan dalam transportasi.

"Keselamatan transportasi harus menjadi perhatian bersama, mengingat transportasi banyak berkaitan dengan sektor ekonomi lainnya," kata Rerie dalam keterangan tertulis, Senin, 23 Mei 2022.
Rerie mengatakan ada 2.945 kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2022. Data itu merupakan gabungan kecelakaan lalu lintas baik di tol maupun jalur arteri.

Rerie mengutip data PT Jasa Marga yang menyebut 441 orang meninggal dan 3.194 orang luka-luka akibat kecelakaan selama mudik. Angka tersebut dihimpun periode 25 April hingga 2 Mei 2022.

"Selain faktor kendaraan yang tidak layak, kecelakaan itu juga terjadi terkait kelalaian manusia," ujar anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu.

Baca: Lestari Moerdijat: Pembinaan Olahraga Harus Konsisten

Rerie menegaskan jumlah kecelakaan dan korban pada periode mudik 2022 harus menjadi catatan. Seluruh pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah harus segera mengevaluasi hal tersebut.

"Karena rendahnya tingkat keselamatan transportasi berdampak pada sejumlah sektor seperti industri, logistik, dan pariwisata," papar dia.

Menurut Rerie, penyebab kecelakaan harus segera dicari. Kemudian menindaklanjutinya dengan menegakkan sejumlah aturan di sektor transportasi dengan konsisten.

"Indonesia harus mulai membangun budaya disiplin dalam berkegiatan pada skala keluarga maupun di ruang publik," tutur dia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id