FPI dan Pemerintah Disarankan Rembuk

    Candra Yuri Nuralam - 30 November 2019 20:10 WIB
    FPI dan Pemerintah Disarankan Rembuk
    KH. Salahudin Wahid (Gus Solah). Foto: Antara/Syaiful Arif
    Jakarta: Tokoh Nahdlatul Ulama Salahuddin Wahid (Gus Solah) menyarankan pemerintah dan organisasi Front Pembela Islam (FPI) segera duduk bersama. Kedua pihak disarankan berunding mencari jalan keluar atas polemik izin perpanjangan FPI.

    "Yang dikehendaki pemerintah seperti apa. Dan FPI ya bisa ikut peraturan yang ada supaya tidak timbul masalah," kata Gus Solah di kediamannya, Jalan Bangka, Tendean, Jakarta Selatan, Sabtu, 30 November 2019.

    Solah juga berharap FPI bisa tunduk dengan aturan yang ada. FPI diminta memastikan pedoman organisasinya sejalan dengan konsep bernegara yang dianut di Indonesia. 

    Cucu pendiri Nadhlatul Ulama (NU) Hasyim Asy'ari itu juga menyoroti aksi FPI yang kerap melakukan sweeping. Tindakan itu dinilai perlu dihentikan. Di sisi lain, Gus Solah juga meminta polisi lebih tanggap terhadap situasi lingkungan agar aksi sweeping ormas tak terus menjadi-jadi. 

    "Jadi kalau ada yang jualan miras terbuka harus ditindak. Jadi polisi juga harus menanggapi positif laporan FPI. Tapi FPI juga enggak bisa bertindak sendiri, itu kan tugasnya polisi," ungkapnya. 

    Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur tak mau memperdebatkan paham khilafah yang disebut ada dalam pedoman organisasi FPI. Gus Solah mengaku belum bisa menangkap maksud khilafah yang diusung organisasi pimpinan Rizieq Shihab itu. 

    "Walau pun mengenai khilafah saya belum bisa menangkap sepenuhnya yang dimaksud mereka," ujarnya. 

    Perpanjangan izin FPI masih menjadi polemik. Kementerian Agama sudah merekomendasikan agar izin FPI diperpanjang. Namun, keputusan perpanjangan izin tersebut ada di tangan Kemendagri. 

    Mendagri Tito Karnavian masih mengkaji penerbitan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) FPI. Tito masih mempermasalahkan sejumlah poin dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) FPI.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id