Pemerintah Siap Antisipasi Karhutla Tahun Depan

    Jufriansyah - 06 Desember 2019 14:39 WIB
    Pemerintah Siap Antisipasi Karhutla Tahun Depan
    Menko Polhukam Mahfud MD. MI/M Irfan.
    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD memimpin rapat koordinasi khusus penananganan kebakaran hutan dan lahan. Pemerintah mengevaluasi penanganan karhutla selama 2019.

    "Kami Koordinasi evaluasi tentang pelaksanaan dan pengamanan dan penananganan Karhutla 2019 dan persiapan menghadapi antisipasi karhutla 2020," kata Mahfud MD di Kementerian Lingkungan Hiudp dan Kehutanan (LHK), Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat, 6 Desember 2019.

    Mahfud mengklaim pemerintah berhasil menangani karhutla dengan baik pada 2019. Kebakaran di Indonesia juga dinilai tak terlalu parah dibandingkan negara lain dengan masalah serupa.

    "Indonesia terhitung yang aman meskipun masih kita rasakan (Karhutla) di sana-sini," ujar Mahfud MD.

    Sebanyak 950 hektare lahan terbakar pada 2019. Angka itu, kata Mahfud, jauh lebih rendah dibandingkan jutaan lahan yang terbakar pada 1997.

    Mahfud optimistis pemerintah bisa menekan angka karhutla tahun depan. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia tak akan mengalami cuaca ekstrem tahun depan.

    "Berdasarkan evaluasi tadi, cukup bagus, alhamdulillah cukup siap, dengan beberapa catatan perbaikan ke depannya," ujar Mahfud

    Rapat koordinasi digelar pukul 08.30 WIB hingga pukul 11.15 WIB di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Rapat itu dihadiri Mahfud MD, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Munardo. 



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id