Bamsoet Setuju Ambang Batas Parlemen Dinaikkan

    Nur Azizah - 14 Januari 2020 12:27 WIB
    Bamsoet Setuju Ambang Batas Parlemen Dinaikkan
    Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto: Medcom.id/Cindy
    Jakarta: Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo sepakat ambang batas parlemen (parliamentary threshold) dinaikkan. Ambang batas diusulkan naik lebih dari 5%. 

    "Memang sudah seharusnya dari waktu ke waktu ambang batas itu ditingkatkan. Jadi, kalau 4 persen saya mengusulkan 6-7 persen ke depan," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Januari 2020.

    Bamsoet menyebut kenaikan ambang batas berguna buat menekan jumlah partai di DPR. Ia khawatir bila ambang batas tak diatur bakal terjadi ledakan partai. 

    Politikus Golkar itu bakal mengusulkan kenaikan itu ke DPP Golkar. "Saya akan mengusulkan kepada Golkar kalau perlu 7 persen ambang batas Pemilu 2024 mendatang," tutur dia. 

    PDI Perjuangan menyuarakan kenaikan ambang batas parlemen dalam Rapat kerja nasional (Rakernas). Partai berlambang banteng moncong putih itu mengusulkan ambang batas naik dari 4% menjadi 5%.

    PDI Perjuangan juga ingin mengubah district magnitude (besaran daerah pemilihan) menjadi 3-10 kursi untuk DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dan 3-8 Kursi untuk DPR RI. Hal ini dinilai buat menyederhanakan sistem kepartaian. 

    "Itu dalam rangka mewujudkan presidensialisme dan pemerintahan efektif dan penguatan serta penyederhanaan sistem kepartaian serta menciptakan pemilu murah," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. 



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id