Anggota DPR, Mau Bertanya tapi Absen Dengarkan Jawaban

    M Rodhi Aulia - 13 April 2017 09:00 WIB
    Anggota DPR, Mau Bertanya tapi Absen Dengarkan Jawaban
    Ilustrasi. MTVN/ Anindya Legia Putri
    medcom.id, Jakarta: Sudah menjadi rutinitas dalam rapat kerja, para mitra harus menyampaikan penjelasan kepada sejumlah komisi yang ada di DPR. Penjelasan itu harus dilakukan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan DPR.

    Termasuk di Komisi III DPR yang mengadakan rapat kerja dengan Kejaksaan Agung, Rabu 12 April 2017. Alur rapat itu diawali dengan kalimat pembukaan oleh pimpinan rapat.

    Pimpinan menyampaikan sejumlah pendahuluan atau poin permasalahan yang difokuskan.

    Kemudian pimpinan mempersilakan Jaksa Agung M. Prasetyo sebagai mitra menyampaikan penjelasan atau jawaban atas pertanyaan yang telah diberikan sebelumnya.

    Kurang dari satu jam penjelasan diberikan. Prasetyo membaca naskah dan semua peserta yang juga mendapatkan naskah itu, ikut menyimaknya.

    Setelah itu, tibalah waktunya anggota komisi memberikan tanggapan. Apakah itu dengan menyampaikan pertanyaan atau pernyataan.

    Pimpinan rapat mempersilakan perwakilan fraksi untuk bertanya. Pertanyaan terus dilontarkan dan Jaksa Agung mencatatnya sendiri.

    Namun setelah waktunya menjawab, pimpinan rapat meminta Prasetyo tidak menjawab semua pertanyaan. Sebab, anggota komisi yang bertanya tidak ada di tempat.

    "Ini kan tidak bagus. Jadi pak Jaksa Agung seleksi saja mana yang mau dijawab," kata Wakil Ketua Komis III Benny Kabur Harman sebagai pimpinan rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

    Benny meminta Prasetyo untuk menjawab hal yang berupa klarifikasi. Pantauan Metrotvnews.com, memang jumlah anggota berkurang.

    Pada awal rapat, hampir semua bangku terisi penuh. Namun hingga rapat selesai, tinggal segelintir saja. Dikabarkan sejumlah anggota berangkat kunjungan kerja ke Batam, Kepulauan Riau.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id