Anggota Komisi I Desak Sosok Mr M Diungkap dan Dilaporkan

    Anggi Tondi Martaon - 16 Mei 2021 09:49 WIB
    Anggota Komisi I Desak Sosok Mr M Diungkap dan Dilaporkan
    Anggota Komisi I DPR Dave Laksono. MI/Angga Yuniar



    Jakarta: Pihak pertama yang mengungkap sosok Mr M diminta proaktif melaporkan sosok tersebut kepada  pihak berwajib. Mr M adalah sosok yang diduga sebagai mafia pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI.

    "Daripada saling lempar, mending langsung dilaporkan, dibawakan buktinya, sehingga bisa diusut permasalahan di mana dan kendalnya apa," kata anggota Komisi I DPR Dave Laksono kepada Medcom.id, 16 Mei 2021.

     



    Politikus Partai Golkar itu mengaku tidak mengetahui siapa sosok Mr M yang dimaksud. Sebab, informasi tersebut baru pertama kali didengar oleh anggota komisi pertahanan dua periode tersebut.

    "Kalau teman-teman (wartawan) tanya saya enggak tahu dan bingung jawabnya apa. Yang ngomong itu siapa, tanya ke dia ajalah," ungkap dia.

    Baca: Jubir Prabowo Minta Connie Ungkap Mafia Alutsista Mr M

    Di sisi lain, dia menilai munculnya polemik ini menjadi bahan evaluasi bagi Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan TNI. Pengadaan alutsista harus dirapikan dari campur tangan pihak yang ingin mengambil keuntungan.

    "Pihak Kemenhan harus merapikan," kata dia.

    Selain itu, Komisi I telah melakukan tugas dan fungsinya terkait alutsista ini. Di antaranya, membentuk panja untuk mengecek kondisi peralatan tempur yang dimiliki.

    "Kita melakukan terjun langsung ke satuan-satuan dan melihatnya (kondisi alutsista) seperti apa," ujar dia.

    Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie merupakan pihak yang pertama kali menyebutkan keberadaan Mr M. Hal itu disampaikan Connie dalam program Crosscheck #FromHome by Medcom.id pada Minggu, 25 April 2021.

    Namun, dia enggan mengungkap dan melaporkan sosok Mr M ke aparat penegak hukum. Alasannya tak memiliki kapasitas untuk melaporkan. Kemenhan pun didorong mengungkap dan mengusut keberadaan Mr M tersebut.

    Di sisi lain, juru bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antarlembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyebutkan Connie harus bertanggung jawab dan menyampaikan kepada publik. Kemenhan enggan mengetahui secara langsung siapa sosok Mr M yang dimaksud.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id