Masyarakat Diminta Mendoakan Keselamatan Rakyat Palestina

    Anggi Tondi Martaon - 11 Mei 2021 00:57 WIB
    Masyarakat Diminta Mendoakan Keselamatan Rakyat Palestina
    Masyarakat Palestina berlari dari tembakan granat kejut dan gas air mata pasukan Israel di Gerbang Damaskus, Kota Tua Yerusalem pada Sabtu malam, 8 Mei 2021. Foto: AFP



    Jakarta: Seluruh pihak di Indonesia diminta membantu permasalahan yang dialami rakyat Palestina. Salah satu cara yang bisa dilakukan saat ini yaitu berdoa.

    "Untuk saat ini, hal itu (doa) adalah salah satu pilihan rasional yang bisa dilakukan untuk membantu kaum muslimin di sana," kata anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR Bukhori Yusuf dalam keterangan tertulis, Selasa, 11 Mei 2021.

     



    Khusus bagi umat Muslim, disarankan membaca doa qunut nazilah. Salah satu manfaat doa ini yaitu menangkal musibah yang menimpa umat muslim. 

    Baca: Pemerintah Diminta Tak Berpikir Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

    Menurut dia, doa ini pernah dibaca Nabi Muhammad SAW paska tragedi Ar-Raji dan Bir Ma’unah. Yakni insiden pembantaian para ahli Alquran yang diutus berdakwah ke suku Adhal dan Al-Qarash serta penduduk Najd.

    Selain itu, dia menyebutkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) pernah menganjurkan umat muslim membaca doa qunut nazilah. Imbauan ini disampaikan pada awal pandemi covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020. 

    "Doa qunut nazilah (dibaca) dalam salat fardu, misalnya dalam salat subuh dan salat witir selama Ramadan. Sebab doa adalah senjata orang mukmin," ungkap alumni Universitas Madina Arab Saudi itu.

    Selain itu, Bukhori mendesak pemimpin dunia segera mengambil tindakan. Pemerintah Indonesia juga diminta aktif mencari dukungan dunia internasional menghentikan kekerasan di Palestina.

    "Melalui strategi diplomasi yang bermartabat dan memihak terhadap kemerdekaan Palestina,” ujar dia.

    Dikutip dari berbagai sumber, berikut bacaan doa qunut nazilah:

    Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

    Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.


    Artinya:

    Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

    Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya, Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya, tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

    Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id