Jokowi Sahkan Jabatan Wakil Menteri di Kementerian Perindustrian

    Nur Azizah - 17 November 2020 16:21 WIB
    Jokowi Sahkan Jabatan Wakil Menteri di Kementerian Perindustrian
    Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menambahkan jabatan Wakil Menteri Perindustrian dalam susunan organisasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Keputusan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 107 Tahun 2020 tentang Kementerian Perindustrian.

    Pasal 2 ayat 1 menyatakan Kementerian Perindustrian dipimpin menteri yang dibantu oleh wakil menteri. Pada ayat selanjutnya disebut wakil menteri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden.

    "Ruang lingkup bidang tugas wakil menteri ialah membantu menteri dalam perumusan atau pelaksanaan kebijakan kementerian perindustrian," dikutip dari Perpres Nomor 107 Tahun 2020,
    Pasal 2 ayat 5, Selasa, 17 November 2020.

    Selain itu, wakil menteri juga bertugas mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas unit organisasi jabatan Pimpinan Tinggi Madya eselon 1 di lingkungan Kementerian Perindustrian. Dalam Perpres tersebut, Presiden juga menambah tugas Kemenperin, yakni menjadi pelaksana koordinasi, perumusan, penerapan, pemberlakuan, dan pengawasan standarisasi industri.

    Kemenperin juga bertugas mengoptimalkan pemanfaatan teknologi industri, penguatan industri hijau, dan penyusunan rekomendasi kebijakan jasa industri. Jokowi juga menambah badan dalam struktur organisasi Kemenperin, yaitu Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri.

    Badan ini bertugas mengoordinasikan perumusan, penerapan, pemberlakuan, hingga pengawasan standarisasi industri. Perpres ini diteken Jokowi pada 6 November 2020 dan berlaku sejak diundangkan.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id