Bansos Tunai Sudah Disalurkan kepada Dua Juta KK

    Sri Yanti Nainggolan - 14 Mei 2020 15:37 WIB
    Bansos Tunai Sudah Disalurkan kepada Dua Juta KK
    Penyaluran bantuan dampak covid-19 di kantor Balai Desa Langon Kabupaten Jepara. Medcom.id/Rhobi Sani
    Jakarta: Kementerian Sosial (Kemensos) memudahkan pendataan dan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) agar warga terdampak pandemi covid-19 segera menerima bantuan. Masih ada jutaan warga membutuhkan yang belum tersentuh BST.

    "Kita sudah salurkan ke 2 juta keluarga," kata Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos Asep Sasa Purnama dalam konferensi pers Kemensos, Kamis, 14 Mei 2020.

    Asep menyebut delapan juta dari target sembilan juta KK sudah masuk data penerima BST. Jumlah itu di luar penerima bansos DKI dan daerah penyangga di sekitarnya.

    Baca: Bansos Tunai tak Tepat Sasaran Bisa Ditangguhkan

    Untuk mempermudah penyaluran, Kemensos mengandalkan bantuan komunitas dan lembaga yang paling dekat dengan warga. PT Kantor Pos, sebagai lokasi utama pengambilan BST, bisa mendistribusikan bantuan ke komunitas, kantor desa, hingga sekolah di area tersebut untuk memudahkan warga menerima bantuan.

    "Khusus untuk keluarga yang tak mungkin datang ke lokasi pengambilan, Kantor Pos akan mengantarkan langsung ke rumahnya. Yaitu untuk penyandang disabilitas dan lanjut usia," papar dia.

    Ada tiga jenis kluster dalam pembagian BST. Pertama, kluster yang mudah, yaitu penerima yang tinggal di kota besar. Kluster kedua, lokasi tergolong lumayan susah akses. Kluster ketiga, daerah yang memerlukan moda transportasi khusus, seperti pesawat kecil, untuk menjangkaunya.

    "Kendalanya, wilayah kita luas, bukan bentangan satu daratan. Jadi petugas harus kalkulasi dengan cermat waktu (pengiriman BTS)," ucap dia.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id