KY Serahkan 4 Nama Calon Hakim Agung ke DPR

Putri Rosmala - 10 Januari 2019 22:09 wib
Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus. Foto:
Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.

Jakarta: Pimpinan Komisi Yudisial (KY) menyerahkan empat nama calon hakim agung (CHA) ke Pimpinan dan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Selanjutnya, KY akan menunggu persetujuan DPR atas empat nama yang diajukan tersebut.
 
Ketua KY Jaja Ahmad Jayus mengatakan,  penetapan kelulusan CHA 2018 dilakukan melalui rapat pleno KY, Selasa 8 Januari 2018 lalu. KY menetapkan empat CHA yang dianggap memenuhi syarat dan layak untuk dimintakan persetujuan kepada DPR.
 
Keempatnya adalah Ridwan Mansyur dan Matheus Samiaji di kamar Perdata, Cholidul Azhar di kamar Agama, dan Sartono di kamar Tata Usaha Negara khusus Pajak.
 
"Sudah dilakukan rapat konsultasi dengan DPR menyangkut seleksi calon hakim agung," ujar Jaja di gedung DPR, Jakarta, Kamis, 10 Januari 2019.
 
Jaja berharap DPR memberikan persetujuan terhadap empat nama tersebut. Persetujuan akan dilakukan setelah dilakukan fit and proper test oleh Komisi III DPR.

Baca: KY Jemput Bola Rekrut Calon Hakim Agung

Wakil Ketua Komisi III DPR Erma Suryani mengatakan DPR segera melakukan tes kelayakan pada empat nama yang diajukan KY tersebut.
 
Sebelum tes kelayakan, Erma berharap KY mengirimkan semua kelengkapan mengenai data keempat CHA untuk dipelajari DPR. DPR akan kembali melakukan rapat konsultasi dengan KY sebelum melakukan tes kelayakan tersebut.
 
"Bisa jadi semua diterima oleh fraksi di Komisi III, bisa jadi hanya sebagian. Itu akan jadi hak prerogatif masing-masing fraksi,” tutup Erma.


(FZN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.