comscore

Bakal Bangun Indonesian House, Jokowi Minta Dukungan Saudi

Andhika Prasetyo - 07 Juni 2022 19:49 WIB
Bakal Bangun Indonesian House, Jokowi Minta Dukungan Saudi
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Jakarta: Pemerintah Indonesia berencana membangun Indonesian House di Makkah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan hal itu ke Menteri Luar Negeri (Menlu) Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud.

"Kita minta dukungan dari otoritas pemerintah, dari Saudi, dan pesan ini akan disampaikan oleh Menlu Saudi kepada otoritas di sana," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan pesan Jokowi di Istana Kepresidenan, Selasa, 7 Juni 2022.
Fasilitas tersebut dibangun untuk memberikan dukungan maksimal kepada jemaah umrah dan haji asal Tanah Air di Arab Saudi. Di sisi lain, Jokowi berterima kasih atas keputusan otoritas Arab Saudi yang mencabut larangan bagi warganya berkunjung ke Indonesia.

Pencabutan larangan itu merupakan buah dari proses pembicaraan yang sudah lama antara kedua negara, terutama tentang data-data mengenai kondisi covid-19 di Indonesia.

"Kita harapkan ini akan berdampak pada pariwisata dan juga kunjungan-kunjungan bisnis," kata Menlu Retno.

Baca: Bertemu Menlu Arab Saudi, Presiden Minta Kuota Haji Indonesia Ditambah

Di sisi lain, Menlu mengatakan Presiden Jokowi berdiskusi soal ekonomi dan berharap kerja sama konkret dengan Saudi dapat dibangun. Terutama di bidang transisi energi.

"Di dalam pembicaraan tadi, Menteri Luar Negeri Arab Saudi menyampaikan pesan dari raja dan dari putra mahkota bahwa Indonesia adalah salah satu priotitas paling tinggi bagi mereka untuk melakukan kerja sama ekonomi," kata Retno.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi turut didampingi juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Adapun, Pangeran Faisal ditemani Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia Esam Abid Althagafi.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id