Menkominfo Harus Bebas dari Kepentingan Politik

    Achmad Zulfikar Fazli - 20 Agustus 2019 12:44 WIB
    Menkominfo Harus Bebas dari Kepentingan Politik
    Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi, (paling kanan). Foto: Bary Fathahilah/MI
    Jakarta: Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi, menyarankan Presiden Joko Widodo memilih profesional untuk mengisi posisi Menteri Komunikasi dan Informatika pada periode kedua. Sehingga, Menkominfo bebas dari kepentingan politik.

    "Bila Presiden Jokowi mengganti, hendaknya dari kalangan profesional, yang tidak berpotensi memiliki conflict of interest, seperti bisnis atau usaha di bidang telekomunikasi dan penyiaran misalnya," kata Bobby, Jakarta, Selasa, 20 Agustus 2019.

    Menkominfo berikutnya, kata dia, harus meneruskan program-program dalam mewujudkan kedaulatan negara dan kemandirian nasional.

    Dalam hal kedaulatan negara, dengan membangun infrastruktur. Seperti merdeka sinyal dan konektivitas nasional yang dicanangkan pemerintah selesai pada 2020, termasuk penyelesaian proyek palapa ring, satelit, serta menyelesaikan perubahan Undang-Undang Penyiaran dan Perlindungan Data Pribadi.

    "Dalam hal kemandirian nasional, Kominfo harus mampu merespons dinamika global dan memastikan kemampuan anak negeri dalam sektor e-commerce, literasi TIK Teknologi Informasi Komunikasi) dan kewajiban TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri)," ujar dia.

    Jokowi telah mengumumkan komposisi kabinet Jilid II. Sebanyak 55 pesen porsi menteri periode II bakal datang dari profesional nonparpol. Sisanya, kader partai pendukung yang sudah disepakati parpol masing-masing.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id