Pilkada 2020 Tetap Langsung

    Arga sumantri - 19 November 2019 14:41 WIB
    Pilkada 2020 Tetap Langsung
    Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia. Foto: Susanto/MI
    Jakarta: Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menjamin pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 tetap secara langsung. Wacana mengembalikan pilkada ke DPRD tidak bisa dilakukan tahun depan.

    "Tetap yang sekarang (langsung). Karena (Pilkada) 2020 sudah running tahapannya, sudah berjalan," kata Doli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 19 November 2019. 

    Doli mengatakan Komisi II sepakat akan mengevaluasi Undang-Undang Pilkada dan Pemilu pada awal 2020. Termasuk, mengevaluasi mekanisme pilkada. Hasil evaluasi tak mengubah sistem Pilkada 2020. 

    "Apa pun nanti hasil evaluasi, itu akan berlaku di pilkada berikutnya. Kalau yang sekarang (Pilkada 2020) sudah enggak mungkin (diubah)," ujarnya. 

    Doli mengakui ada dorongan merevisi UU Pilkada dalam waktu dekat. Namun, revisi terkait posisi dan fungsi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). 

    Dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, Bawaslu merupakan lembaga ad hoc. Sedangkan dalam UU Pemilu, Bawaslu merupakan lembaga yang bersifat permanen. 

    "Nah, itu yang mereka minta supaya direvisi," ucap politikus Golkar itu.

    Komisi II khawatir pembahasan akan melebar bila opsi revisi UU Pilkada dibuka. Dewan tengah mencari cara lain agar pembahasan tidak melebar dan mengganggu tahapan Pilkada 2020.

    "Kira cari apakah mungkin ada peraturan di luar revisi undang-undang yang bisa mengayomi keinginan (Bawaslu) itu," ujarnya.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id