AHY Dinilai Cocok Jadi Menteri Muda Jokowi

    Candra Yuri Nuralam - 03 Juli 2019 09:43 WIB
    AHY Dinilai Cocok Jadi Menteri Muda Jokowi
    Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menemui Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani.
    Jakarta: Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai layak jadi menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf. AHY punya latar belakang militer yang cukup meyakinkan.

    "Cocok-cocok saja AHY digandeng jadi menteri muda Jokowi. Apalagi dia juga golden boy Demokrat," kata Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 3 Juli 2019.

    Baca: Demokrat Pasif Menunggu

    Ujang menilai AHY cocok didapuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menteri Sosial. Sikap tegas dan rekam jejak pendidikan membuat AHY cocok menduduki salah satu dari dua posisi itu.

    Ujang menilai perjalanan AHY mendapatkan kursi menteri tak mudah. Anak sulung Ketua Umum Partai Demokrat itu harus mendapatkan restu dari partai politik Koalisi Indonesia Kerja.

    AHY memang telah beberapa kali bertemu Jokowi. Namun, Partai Demokrat belum memutuskan sikap setelah penetapan pemenang Pilpres 2019.

    "Namun memang harus dapat restu dari partai-partai koalisi Jokowi. Atau tergantung Jokowi. Karena hak prerogatif Jokowi dalam mengusun kabinet," tandasnya.

    Joko Widodo sebelumnya bertekad membentuk kabinet yang efektif dan responsif terhadap tantangan perubahan global yang sangat cepat. Salah satu bentuknya, kabinet nanti akan mengakomodasi kaum muda.

    Baca: Jokowi Tegaskan Rekonsiliasi Bukan Bagi-bagi Kursi Menteri
     
    "Kenapa kita penting mengakomodasi orang muda, usia 30-an, bahkan mungkin 25 tahunan, karena kaum muda umumnya lincah dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat," papar Jokowi dalam wawancara khusus dengan Medcom.id di Istana Bogor, Senin, 1 Juli 2019.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id