Survei Charta Politika: Masyarakat Puas Kinerja Pembantu Jokowi

    Cahya Mulyana - 31 Maret 2020 03:00 WIB
    Survei Charta Politika: Masyarakat Puas Kinerja Pembantu Jokowi
    Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju duduk di tangga Istana Merdeka, Jakarta. MI/Ramdani.
    Jakarta: Masyarakat menilai para pembantu Presiden Jokowi di kabinet menunjukan kinerja baik.  Dari hasil lembaga survei nasional Charta Politika nama-nama seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD memuaskan publik.

    Pengamat Politik Universitas Diponegoro, Teguh Yuwono menilai kinerja menteri-menteri di atas diapresiasi publik karena punya gebrakan dan berani mengambil keputusan. Salah satunya sosok Erick Thohir yang dinilainya tidak punya banyak kepentingan sehingga keputusannya lebih berdasarkan profesionalisme. 

    "Publik selalu menunggu menteri menteri yang berani mengambil keputusan. Menteri-menteri yang berani mengambil risiko kebijakan yang tentu berorientasi kepada upaya menjaga kredibilitas, menjaga kekayaan negara, menjaga keamanan negara," kata Teguh saat dihubungi, Senin, 30 Maret 2020. 

    Teguh menilai nama-nama yang muncul di sejumlah lembaga survei sudah dirasakan atau diketahui publik kinerjanya. Sehingga wajar nama Erick dan beberapa nama menteri lain memiliki persepsi yang sangat baik di mata publik. 

    "Jadi tentu bisa dipahami jika nama (menteri) yang muncul kemudian menteri yang bikin gebrakan," kata Teguh.

    Menurut Teguh, nama Erick yang terus mencuat di tengah publik menandakan masyarakat memang butuh figur yang tidak terkait banyak kepentingan. Erick Thohir membutuhkan aktualisasi diri membuktikan kepercayaan publilk terhadapnya. 

    "Dia hanya butuh aktualisasi diri. Butuh menyelamatkan bangsa dan mensejahterakan bangsa. Jadi saya kira karena background ekonominya begitu kuat, saya kira menjadi leluasa dan menjadi mudah bagi beliau untuk melakukan gebrakan-gebrakan," ucapnya. 

    Sebelumnya lembaga survei Charta Politika mengeluarkan hasil yang menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat pada pemerintah. Hasilnya menunjukkan tingkat kepuasan pada pemerintah berada di kisaran 70,7 persen. Terkait kinerja Menteri, nama Erick Thohir bersama Prabowo Subianto menjadi menteri kabinet yang dinilai publik memiliki kinerja terbaik. Di luar dua nama itu ada Mahfud MD, Nadiem Makarim, dan Sri Mulyani.

    Daftar 10 Menteri dengan tingkat kepuasan publik tertinggi Versi Charta Politik, Prabowo Subianto 16,8%, Erick Thohir 14,3%, Mahfud MD 9,6%, Nadiem Makarim 7,1%, Sri Mulyani 5,3%, Retno Lestari Marsudi 2,3%, Tito Karnavian 1,6%, Syahrul Yasin Limpo 1,4%, Basuki Hadimuljono 1,3% dan Luhut Binsar Panjaitan 0,9 %.

    (WHS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id