Pemerintah Serahkan Konsep RUU BPIP ke DPR

    Kautsar Widya Prabowo - 16 Juli 2020 13:59 WIB
    Pemerintah Serahkan Konsep RUU BPIP ke DPR
    Pemerintah menyerahkan konsep RUU BPIP ke DPR. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
    Jakarta: Pemerintah menyerahkan konsep Rancangan Undang-Undang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (RUU BPIP) ke DPR. Konsep ini diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kepada Ketua DPR Puan Maharani.

    "Undang-Undang ini menyatakan kita bicara pembinaan dan pengembangan ideologi Pancasila," ujar Mahfud dalam konferensi pers, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 16 Juli 2020.

    Konsep RUU BPIP ini didasarkan pada TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966 tentang Larangan Ajaran Komunisme/Marxisme. Rumusan Pancasila yang terdiri atas lima poin juga dicantumkan dalam pembukaan konsep RUU tersebut.

    "Kami cantumkan di dalam Bab 1 Pasal 1 Butir 1 bahwa Pancasila itu adalah ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," jelas Mahfud.

    Baca: DPR dan Pemerintah Merembukkan RUU HIP

    Ia juga membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat yang ingin memberikan kritik, saran, dan masukan dalam RUU tersebut. Sehingga, konsep RUU BPIP tidak menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

    "Kami bersepakat juga nanti segera dibuka ini dokumen, nanti bisa diliat di websitenya DPR," jelasnya.

    Penyerahan konsep RUU BPIP itu juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkuham) Yasonna Laoly, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. 

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id