Cak Imin Ajak Masyarakat Terapkan Makna Nyepi Cegah Covid-19

    M Sholahadhin Azhar - 25 Maret 2020 17:00 WIB
    Cak Imin Ajak Masyarakat Terapkan Makna <i>Nyepi</i> Cegah Covid-19
    Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Foto: Medcom.id/'Arga Sumantri
    Jakarta: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi bagi seluruh umat Hindu yang merayakannya. Menurut Cak Imin sapaan karibnya makna Nyepi perlu diterapkan di tengah wabah Covid-19 (korona).

    Cak Imin mengimbau masyarakat Indonesia, khususnya kader PKB ikut menerapkan makna Nyepi. Dengan melakukan catur brata artinya menyendiri di tengah hiruk-pikuk kehidupan dunia yang sedang dihantui wabah virus covid-19.

    "Hari Raya Nyepi dengan Catur Brata menjadi momen spiritual, rohani dan jasmani, ketika kita semua penuduk bumi dihantui wabah Virus Corona," kata Cak Imin di Jakarta, RAbu, 25 Maret 2020.

    Wakil Ketua DPR itu menjelaskan catur brata meliputi amati geni (tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Dengan tidak melakukan aktivitas di atas, terang Cak Imin sama artinya dengan mengisolasi diri seperti imbauan pemerintah demi menekan laju penyebaran covid-19.

    "PKB mengajak seluruh masyarakat Indonesia ikut Nyepi. Isolasi diri, jaga jarak, mari kita sama-sama berupaya memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid-19 ini," jelasnya.

    Ia juga menyebut makna Nyepi sangat bermanfaat bagi lingkungan. Tidak ada aktivitas berarti tidak ada kebisingan, polusi udara. Sekaligus menjadikan lingkungan lebih bersih.

    "Dengan Nyepi, kita melakukan refleksi diri, melakukan jeda, atau dalam bahasa digital semacam restart. Agar selanjutnya kehidupan ini menjadi lebih baik," ungkapnya.
     



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id