Mahfud MD: Masyarakat Natuna Salah Paham

    Theofilus Ifan Sucipto - 04 Februari 2020 13:58 WIB
    Mahfud MD: Masyarakat Natuna Salah Paham
    Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Theofilius
    Jakarta: Protes warga Natuna atas evakuasi Warga Negara Jndonesia (WNI) dari Wuhan, Tiongkok dinilai wajar. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, mengakui ada miskomunikasi terkait evakuasi.

    "Timbul kesalahpahaman karena komunikasi dengan pemerintah daerah dan rakyat agak terlambat," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mafhud MD di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa 4 Februari 2020.

    Menurut dia, evakuasi berlangsung cepat. Begitu mendapat lampu hijau memulangkan WNI dari Tiongkok, pemerintah langsung memutuskan lokasi jujukan evakuasi. 

    Natuna, kata dia, dipilih karena dianggap strategis. "Tempat paling mudah, paling aman, dan dekat instalansi militer untuk melakukan sesuatu dengan cepat," ungkap Mahfud.

    Dia juga tak lepas tangan terkait hal itu. Hari ini Mahfud menerima kedatangan pemerintah Natuna, tokoh masyarakat, dan akademisi. Dia mendengar aspirasi serta memberi masukan terkait situasi Natuna.

    Mahfud MD: Masyarakat Natuna Salah Paham
    Para WNI yang dievakuasi. Foto: Antara/Dok Kemenlu

    Mahfud lantas meminta tokoh masyarakat dan pemuda Natuna rutin mengecek informasi. Hal itu untuk mencegah berita hoaks yang mendramatisir situasi.

    Sebelumnya, ratusan warga Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, berunjuk rasa di gerbang Bandara Lanud Raden Sadjad (RSA) Ranai, Sabtu, 1 Februari 2020. Massa menolak rencana pemerintah menjadikan Kabupaten Natuna sebagai tempat karantina WNI dari Tiongkok.

    "Kami minta agar WNI dari Wuhan tidak turun di Natuna. Pada intinya berikan kepastian kepada kami," kata anggota DPRD Natuna, Wan Aris Munandar, yang turut dalam aksi di lokasi.





    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id