comscore

Pemerintah-KPU Disebut Telah Menyepakati Jadwal Pemilu 2024

Anggi Tondi Martaon - 18 November 2021 14:40 WIB
Pemerintah-KPU Disebut Telah Menyepakati Jadwal Pemilu 2024
Anggota Komisi II Muhammad Rifqinizamy Karsayuda/Medcom.id/Anggi
Jakarta: Pemerintah dan penyelenggara pemilihan umum (pemilu) disebut telah menyepakati jadwal pemungutan suara Pemilu 2024. Kesepakatan itu diperoleh setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anggota Komisi II Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengatakan eksekutif dan penyelenggara pemilu sepakat jadwal pencoblosan dilakukan pada Februari 2021. Hal itu sesuai opsi yang ditawarkan KPU dan sejumlah fraksi di DPR.
"Kabarnya sudah ada kesepakatan antara pemerintah dan penyelenggara pemilu yang nampak-nampaknya tidak jauh berbeda dari usul Fraksi PDI Perjuangan," ungkap Rifqi dalam diskusi di DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 18 November 2021.

Menurut dia, pertemuan itu melibatkan sejumlah pihak. Selain KPU dan Presiden, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno turut hadir.

"Kami sudah mendapat informasi bahwa pada tanggal 11 (November 2021) seluruh komisioner KPU telah bertemu dengan Pak Presiden," kata Rifqi.

Baca: Jadwal Pencoblosan Pemilu 2024 Ditetapkan Awal Desember

Di sisi lain, Rifqi menilai kesepakatan tersebut sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Penentuan jadwal pesta demokrasi merupakan kewenangan penyelenggara pemilu. 

"Walaupun dalam konteks konvensi ketatanegaraan, semua hal-hal yang sangat strategis mengenai kepemiluan itu dibawa ke Komisi II DPR untuk disepakati bersama," ujar Rifqi.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id