comscore

ICMI Lebarkan Sayap ke Luar Negeri

Nurfajri BN - 21 Januari 2016 03:37 WIB
ICMI Lebarkan Sayap ke Luar Negeri
Jimly Asshiddiqie terpilih menjadi Ketua Umum ICMI,--Foto: MTVN/Nurfajri BN
medcom.id, Jakarta: Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) akan melebarkan sayap organisasi dengan membentuk organisasi satuan (orsat) di beberapa negara.  Organisasi para cendekiawan ini juga akan memperkuat basis di seluruh kampus di Tanah Air.

Untuk mewujudkan itu, ICMI akan menggandeng Majelis Sinergi Kalam (Masika) ICMI, yang merupakan badan otonom organisasi.
"Tema kita ke depan adalah kembali ke kampus juga masjid. Dalam hal ini kita sangat mengandalkan Masika yang memiliki energi untuk itu," ujar Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie melalui keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Selasa (21/1/2016). Gagasan itu diungkapkan dia dalam pertemuan dengan sejumlah pengurus pusat Masika ICMI pada Senin 20 Januari 2016.


Menurut Jimly yang kini menjabat Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), pembentukan organisasi satuan di luar negeri akan dilakukan dengan menggandeng mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang ada di luar negeri, yang tengah mengambil S2 dan S3. Sementara itu, mengenai gagasan kembali ke kampus, Jimly menjelaskan keinginannya untuk menjadikan kampus sebagai sentra pemikiran dan perkembangan iptek.

"Beberapa tahun terakhir setelah bergulirnya reformasi, kampus seperti kehilangan kewibawaan dan tidak lagi menjadi institusi yang disegani. Kita ingin mengembalikan kewibawaan itu," ungkap profesor kelahiran Sumatera Selatan ini.

Jimly terpilih sebagai Ketua Umum ICMI dalam musyawarah di antara Majelis Permusyawaratan Muktamar VI ICMI, Minggu (13/12/2015). ICMI sendiri dibentuk pada 7 Desember 1990 di sebuah pertemuan kaum cendekiawan muslim di Kota Malang pada 6-8 Desember 1990. Di pertemuan itu juga dipilih Baharuddin Jusuf Habibie sebagai ketua ICMI yang pertama.

Hal lain yang akan dilakukan ICMI dalam periode kepengurusannya adalah menggelar berbagai simposium internasional membahas persoalan agama dan politik dunia.

"Insya Allah digelar dalam beberapa bulan mendatang," kata dia. Selain itu juga mendirikan organ baru ICMI untuk memperkuat masyarakat sipil, yang diisi oleh para aktivis lembaga swadaya masyarakat.

"Kita juga akan mendirikan Majelis Penguatan Manajemen Organisasi Umat. Nanti akan dipegang oleh Pak Tanri Abeng," ungkap dia.

Sementara itu Ketua Umum Masika ICMI Ferry Kurnia Rizkiansyah mengatakan, gagasan untuk kembali ke kampus dan memperkuat basis di masjid sejalan dengan rencana organisasinya. "Masika ICMI, sebagai organisasi para intelektual muda muslim, juga akan fokus pada agenda penguatan umat dan semangat keindonesiaan," ujar salah satu komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini.

Pertemuan Jimly dengan sejumlah pengurus Masika ICMI, antara lain, juga membahas rencana pelantikan ICMI pada 5 Februari 2016 dan pelantikan pengurus baru Masika ICMI pada 30 Januari 2016.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id