Legislator: Perpanjangan PPKM Darurat Demi Menekan Penularan Covid-19

    Antara - 21 Juli 2021 07:40 WIB
    Legislator: Perpanjangan PPKM Darurat Demi Menekan Penularan Covid-19
    ilustrasi/medcom.id



    Jakarta: Keputusan pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat dinilai tepat. Kebijakan itu harus diambil demi memutus rantai penyebaran covid-19.

    "Meskipun ini akan berdampak dan menambah beban masyarakat menjadi lebih berat. Namun, demi terputusnya mata rantai penyebaran covid-19,  ini harus kita jalani," kata anggota DPR RI Sonny T. Danaparamita dikutip dari Antara, Jakarta, Rabu, 21 Juli 2021.

     



    Menurut politikus PDI Perjuangan itu, perpanjangan PPKM darurat untuk menurunkan penularan covid-19. Beban rumah sakit pun akan berkurang.

    Hingga saat ini, rumah sakit di seluruh Indonesia sudah kelebihan kapasitas. Bahkan, banyak rumah sakit sudah mengubah ruang perawatan biasa menjadi isolasi covid-19.

    "Pemerintah mengatakan meskipun kebijakan ini sangat berat, namun harus dilakukan demi mengurangi penularan dan menurunkan jumlah pasien yang harus ke rumah sakit," ujar Sonny.

    Baca: 9.174 Pelanggar Prokes di Jakpus Selama PPKM Darurat Ditindak

    Terkait perekonomian, penjual di pasar tradisional dan pelaku UMKM boleh berjualan. Namun, mereka wajib mematuhi protokol kesehatan.

    "Namun, waktu dan jumlah pengunjungnya dibatasi. Secara teknis pemerintah daerah yang akan mengaturnya," kata Sonny.

    Pemerintah telah menyiapkan Rp2 juta paket obat untuk masyarakat yang menjalani isolasi mandiri. Pemerintah juga mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial Rp55,21 triliun.

    "Kebijakan itu tentu pahit. Bukan hanya bagi rakyat kecil, tapi juga bagi semua rakyat Indonesia. Semoga saja kebijakan yang pahit ini laksana obat atau Jamu yang dapat menyembuhkan kita semua," ujar Sonny.

    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id