comscore

Rachmat Gobel Ingatkan Hakikat Persaudaraan Warga Gorontalo

M Sholahadhin Azhar - 08 Mei 2022 11:43 WIB
Rachmat Gobel Ingatkan Hakikat Persaudaraan Warga Gorontalo
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel/MI/Panca Syukrani.
Gorontalo: Wakil Ketua DPR dari daerah pemilihan Gorontalo, Rachmat Gobel, mengingatkan hakikat persaudaraan warga Gorontalo. Menurut dia, persatuan mesti terwujud meski ada perbedaan partai politik.

"Karena jika diurut-urut pasti kita akan ketemu bahwa kita memiliki pertalian kekerabatan, bahwa kita benar-benar bersaudara,” ujar Gobel melalui keterangan tertulis, Minggu, 8 Mei 2022.
Hal tersebut disampaikan Gobel saat berbicara di hadapan ketua dan pimpinan partai politik di Gorontalo pada Selasa, 26 April 2022. Para elite partai berasal dari Partai NasDem, Gerindra, Partai Demokrat, PDIP, PKS, PKB, PAN, dan PPP.

Di antara mereka ada yang benar-benar memiliki kesamaan nama marga, ikatan perkawinan, dan sebagainya. Terjalinnya ikatan persaudaraan ini karena jumlah penduduk Gorontalo yang relatif sedikit, yaitu kurang dari 1,2 juta jiwa.

Baca: Gobel: Bendungan Bulango Ulu akan Perkuat Pangan

Gobel mengingatkan saat Gorontalo masih berbentuk kerajaan. Ada lima kerajaan membentuk ikatan persaudaraan melalui persekutuan Limo Lo Pohalaa atau Lima Kerajaan. Kelima kerajaan itu adalah Gorontalo, Limboto, Suwawa, Bolango, dan Atinggola.

Namun di masa kolonialisme, Bolango melakukan hijrah karena menolak berada dalam cengkeraman penjajahan dengan pindah ke daerah pedalaman di Bolaang Mongondow. Kedudukan Bolango kemudian digantikan kerajaan Boalemo.

“Karenanya, di masa lalu itu, kerajaan-kerajaan tersebut tak memiliki sejarah peperangan. Kerajaan tak memiliki benteng dan istana khusus, yang ada hanya aula besar tempat para pemimpin bermusyawarah dan tempat warga mengadu ke pemimpinnya,” katanya.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id